Jambi, Antaranews Jambi – Pemerintah Kabupaten Batanghari melakukan pematangan persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 tingkat Provinsi Jambi yang akan dilaksanakan di daerah itu.

"Akhir januari ini kita akan melakukan rapat pemantapan panitia MTQ bersama OPD terkait," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setda Batanghari M Syukri di Muarabulian, Jumat.

Rapat pemantapan kepanitian tersebut dilakukan bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah itu dan bersama pondok pesantren serta organisasi masyarakat di daerah itu.

Selain melakukan pemantapan panitia pelaksana MTQ ke-48 tingkat Provinsi Jambi, pemerintah daerah itu juga akan melakukan seleksi terhadap peserta kafilah yang akan mewakili daerah itu pada gelaran MTQ tersebut.

Ada sembilan golongan yang akan di seleksi diantaranya golongan tilawah, tahfiz Quran, tafsir tiga bahasa, menulis karya ilmiah qur’an dan golongan lainnya. Akan ada 128 peserta yang akan di seleksi yang berasal dari pemenang MTQ tingkat kabupaten di daerah itu dan peserta yang potensial.

Peserta potensial yang dimaksud ialah peserta MTQ yang mendapatkan juara pada MTQ ke 47 di Kabupaten Tanjab Timur pada tahun 2017 yang lalu.

"Nantinya akan ada 64 peserta yang lolos dari tahap seleksi dan akan mewakili Kabupaten Batanghari pada MTQ tersebut," kata Syukri.

Selain melakukan seleksi terhadap sembilan golongan yang akan dilombakan pada MTQ tersebut, pemerintah daerah itu juga akan melakukan seleksi terhadap satu golongan tambahan, yakni golongan qiroat.

"Pada MTQ nanti, targetnya ada dua. Pertama sukses sebagai penyelenggara dan kedua sukses dalam bidang prestasi," katanya menambahkan.

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018