Jambi (Antaranews Jambi) - Kapal tugboat pengangkut batu bara menabrak dua tiang dermaga kapal milik Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) yang berada di Desa Teluk Majelis Kecamatan Kuala Jambi.

Kejadian itu berlangsung Senin dini hari (19/2) sekitar pukul 04.25 WIB dimana kapal tugboat pengangkut batu bara menabrak dua tiang dermaga Perhubungan dan dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan tidak ada korban jiwa namun kerugian materil dipastikan, kata Camat Kuala Jambi, Tahang, Selasa.

Akibat ditabraknya tiang dermaga milik Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur itu dermaga tersebut nyaris rubuh.

Kapal tugboat Maju Daya 9 BG Sinar Lestari 208 itu pengangkut batu bara milik PT Armada Maritim Nusantara yang dinakhodai Andri Juni Sutrisno yang berlayar dari Muara Sabak dengan tujuan ambang luar Kampung Laut.

Namun dalam perjalannya kapal itu menabrak dermaga perhubungan tersebut dan kejadian sekira pukul 04.25 WIB, kapal tongkang Sinar Lestari 308 menyenggol tiang dermaga umum perhubungan dan dermaga TPI Tanjabtim.

Kapal tersebut berlayar dari Muara Sabak dengan tujuan ke ambang luar Kampung Laut, dimana saat itu kondisi air dalam keadaan pasang sehingga kapal dan tongkang terbawa arus kuat yang mengakibatkan dermaga umum perhubungan tersebut tersenggol dan hampir rubuh.

Tahang menyebutkan, kapal penabrak ini diperkirakan memiliki lebar empat meter dan panjang delapan Meter, setelah menyenggol tiang dermaga tugboat Maju Daya 9 terbawa arus dan menyenggol lagi tiang dermaga TPI (Tempat Pelelangan Ikan).

Untuk sementara nakhoda kapal yang bernama Andri Juni Sutrisno dan kapal tugboat tersebut di amankan di Kampung Laut untuk dimintai pertanggung jawaban atas insiden tersebut dan belum diketahui berapa besar kerugian yang diderita Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.***

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018