Jambi, Antaranews Jambi – Lebih dari separuh dari 65 SMP di Kabupaten Batanghari dipastikan sudah bisa menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batanghari M Yanuar di Muarabulian, Rabu.

Dari 65 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Batanghari, 31 SMP sederajat di daerah itu masih melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Sedangkan 34 sekolah dipastikan UNBK.

"Dari 65 SMP sederajat, 31 sekolah melaksanakan UNKP, sementara sisanya sebanyak 34 sekolah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," kata M Yanuar

Sekolah-sekolah yang melaksanakan ujian nasional denga sistim UNKP tersebut akan mengambil soal ujian nasional ke Disdik seperti ujian nasional pada tahun-tahun sebelumnya.

Yanuar mengatakan sekolah-sekolah yang melaksanakan ujian nasional dengan sistim UNKP tersebut akan menerima soal ujian dari pemerintah provinsi yang di kirim oleh pemerintah pusat. Dan soal-soal tersebut akan di salurkan ke sekolah-sekolah penyelenggara UNKP.

"Peserta yang mengikuti ujian dengan sistim UNKP tersebut sebanyak 2.269 siswa," katanya.

Sekolah-sekolah yang belum dapat melaksanakan UNBK tersebut terkendala oleh sarana dan prasarana pendukung UNBK. Seperti komputer yang belum memadai dan sebagian besar sekolah-sekolah tersebut wilayahnya belum terjangkau oleh jaringan internet.



 

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018