Jambi,  (Antaranews Jambi) - Universitas Jambi (Unja) dan Universitas Riau (Unri) menandatangani perjanjian kerja sama tentang Tri Darma Perguruan Tinggi yang digelar di Ruang Senat Gedung Rektorat   Kampus Pinang Masak Unja Mendalo Kabupaten Muarojambi, Rabu (11/4).

Prosesi penandatanganan perjanjian kerja sama untuk sejumlah fakultas dan prodi di dua lembaga perguruan tinggi dari dua provinsi bertetangga itu disaksikan oleh Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH PhD serta unsur pimpinan dari Universitas Riau.

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua Pascasarjana, Fakultas Pertanian, Fakultas Sain dan Teknologi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dari Universitas Jambi dan Universitas Riau.

Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH PhD menyambut baik penandatanganan perjanjian kerja sama itu yang diharapkan bisa memberikan daya dorong dan sinergi dalam melaksanakan kerja sama pengajaran, pendidikan dan penelitian.

"Banyak hal yang bisa dilakukan perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Kerja sama ini merupakan upaya untuk itu serta memperkuat jejaring kerja sama," kata Rektor Unja.

Baca juga: Unja-UIN Palembang tanda tangani naskah kesepahaman (video)
Baca juga: Unja-Pemkot Jambi kerjasama tingkatkan pendidikan aparatur

Ia menggaris bawahi, dalam setiap kerja sama itu harus direalisasikan dan diimplementasikan melalui program kerja dan  sinergitas sesuai dengan visi dan misi masing-masing.

Selain dengan Unri, beberapa waktu lalu Unja yang merupakan perguruan tinggi negeri tertua di Provinsi Jambi itu juga menandatangani perjanjian kesepahaman dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang serta dengan bebeberapa perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Selain itu, Unja juga sangat antusias mendorong program kerja sama luar negeri salah satunya program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ASEAN dengan sejumlah perguruan tinggi di ASEAN yang mana pada angkatan pertama bekerja sama dengan perguruan tinggi di Filipina dan Thailand dalam "SEA Teachers Project".

Baca juga: Di Kampus Unja Campus France tawarkan beasiswa ke Prancis
Baca juga: Berstatus BLU Unja Tambah Anggaran Penelitian

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unja Dr Hartati SH MH yang juga menjadi salah satu yang melakukan penandatanganan kerja sama itu menyebutkan sangat strategis.

"Fakultas Sospol Unri merupakan salah satu yang tertua di Indonesia, sudah 57 tahun sehingga sangat positif untuk menjadi mitra strategis bagi FISIP Unja yang saat ini baru menginjak usia lima tahun," kata Hartati.

Meski masih berusia muda, namun minat calon mahasiswa untuk masuk berkuliah cukup tinggi dan terus meningkat, meski pihaknya tetap membatasi disesuaikan dengan kapasitas dan komposisi ideal.

Melalui kerja sama itu, kata Hartati memungkinkan sekali terjalinya kerja sama kerja sama pendidikan, pengajaran dan penelitian. Termasuk memungkinkan hadirnya dosen tamu dan pertukaran mahasiswa.

"Fisip Unja boleh saja baru berusia lima tahun tapi spiritnya harus seperti lembaga yang telah hadir lima dekade," kata Dekan Fisip Unja itu menambahkan.
    

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018