Jambi, Antaranews Jambi - Bupati Muarojambi Hj Masnah Busyro melakukan peninjauan hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/Mts di SMP Negeri 6 Muarojambi di Sengeti, Senin.

Bupati melakukan pemantauan didampingi oleh Kepala Sekolah dan guru SMP Negeri 6 Muarojambi itu.

Ujian Nasional tingkat SMP/MTs pada hari pertama, atau Senin (23/4) adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bagi peserta yang melakukan ujian nasional berbasis komputer, para pelajar membaca dan mengisi pertanyaan soal mempergunakan perangkat komputer. Sedangkan yang berbasis kertas pensil masih menggunakan lembaran soal dan jawaban di atas kertas.

Pelaksanaan UN serentak di gelar di seluruh Indonesia bagi pelajar kelas 3 SMP dan sederajat. Proses ujian yang menggunakan perangkat komputer menjadi perhatian serius yang terus difasilitasi oleh kementerian pendidikan maupun pemerintah di daerah untuk memastikan semua sekolah memiliki fasilitas dan mencukupi untuk menggelar UNBK.

Bupati melakukan dialog dengan kepala sekolah dan guru di SMP tersebut mengenai proses persiapan UNBK di sekolah itu serta menanyakan berbagai hal termasuk ketersediaan komputer , pasokan listrik serta beberapa hal lainnya.

Pada kesempatan itu, bupati meminta kepada para peserta ujian untuk fokus dan teliti dalam mengikuti proses ujian berbasis komputer tersebut.

Seusai peninjauan, Bupati Muarojambi itu menyebutkan belum semua sekolah menggelar UNBK karena keterbatasan perangkat komputer yang dimiliki di daerah. Namun ia mengapresiasi upaya sekolah dan Disdik Kabupaten Muarojambi untuk memfasilitasinya.

"Dari 76 SMP yang ada di wilayah Kabupaten Muarojambi, sebanyak 17 menggelar UNBK. Sisanya tahun depan Insya Allah akan kami usahakan disamakan," kata Masnah.

Ia menyatakanan, Pemkab Muarojambi akan terus berusaha untuk membantu dan melengkapinya untuk ujian tahun 2019 mendatang tak hanya untuk tingkat SMP/MTs namun juga untuk tingkat SMA dan SMK di daerah itu.

Menurut dia, pihaknya akan terus melakukan optimalisasi dan berupaya penganggaran untuk pengadaan komputer di sekolah-sekolah itu.

Bupati Masnah dalam setiap kesempatan selalu menyampaikan komitmen pemerintahannya pada sektor pendidikan, infrastrtuktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Termasuk salah satunya dalam memfasilitasi kebutuhan sektor pendidikan.

Selain melakukan peninjauan pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP dan MTs, sebelumnya Bupati Masnah juga memimpin kegiatan peringatan Hari Kartini, Hari Otonomi Daerah di Sengeti Kabupaten Muarojambi.***
 








 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018