Jambi, Antaranews Jambi - Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi berencana menggelar tiga angkatan pendidikan dan latihan (diklat) tematik bawang putih di BPP Lembah Gumati di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

"Peningkatan kompetensi petani sangat diperlukan dalam menunjang kemampuan petani bawang putih, terutama di Kabupaten Solok," kata Kepala BPP Jambi Muhammad Syarif didampingi widyaiswara BPP Irwanto, Selasa.

Kabupaten Solok merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki potensi besar dalam pengembangan bawang putih.

Beberapa kecamatan yang saat ini menjadi sentra bawang putih yang potensial adalah Kecamatan Lembah Gumati, Lembang Jaya dan Kecamatan Danau Kembar.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok H Admaizon, di sela-sela pembukaan diklat tematik bawang putih di BPP Lembah Gumati itu. Pelatihan itu digelar 17-20 April 2018.

Sementara itu, BPP Jambi telah menggelar pelatihan sebanyak dua angkatan diklat itu, yang masing-masing angkatan terdiri dari 30 peserta yang berasal dari para petani yang tergabung dalam kelompok tani di kawasan pertanian tanaman hortikultura itu.

Pelatihan disampaikan dalam bentuk materi teori dan praktik. Selain itu para peserta juga mengikuti kunjungan lapangan untuk melihat dari dekat penanganan kasus-kasus dalam pertanian, khususnya tanaman bawang putih.

"Salah satu tujuan BPP Jambi mengadakan pelatihan bagi petani, khususnya di Solok ini. Meningkatkan kapasitas dan menambah pengetahuan petani," kata Kepala BPP Jambi menambahkan.

 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018