Jambi, Antaranews Jambi - Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) daerah itu mendapatkan anggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp6 miliar untuk pembangunan 25 unit toilet.

"Bantuan pembangunan Toilet tersebut akan dibangun di delapan kecamatan di Batanghari yang terdiri dari pembangunan toilet atau wc individual dan toilet IPAL komunal," kata Kasi Penyehatan Lingkungan Pemukiman Dinas Perkim Batanghari Lovoldo Pilas di Muarabulian, Selasa.

Ia mengatakan 25 unit bantuan pembangunan toilet tersebut terbagi menjadi dua, yakni 12 unit pembangunan toilet atau wc individual dan 13 unit pembangunan toilet ipal komunal.

Toilet atau WC dengan jenis IPAL komunal tersebut sedikit berbeda dengan toilet pada umumnya. IPAL komunal tersebut dapat digunakan secara bersama dengan satu penampungan (saptitank), dengan satu mesin sedot dan bak ukuran besar sebagai penampung tinja. Nantinya dengan menggunakan pipa, toilet yng berada di rumah warga akan di hubungkan ke septitank sebagai tempat pembuangan . Dalam satu unit septitank akan mampu menampung 50 unit toilet yang berada di rumah warga.

Sementara itu anggaran dana sebesar Rp6 miliar tersebut tidak hanya di gunakan untuk biaya seluruh pembangunan toilet, namun juga di gunakan untuk biaya sosialisasi serta anggaran gaji yang akan di gunakan untuk Tim Fasilitator Lingkungan (TFL).

"Saat ini kita telah melakukan rekrut tim TFL, dan pada awal mei nanti tim TFL tersebut akan melakukan surve di delapan kecamatan," kata Lovoldo Pilas.

Tugas tim TFL tersebut selain melakukan survei, namun juga harus menyelesaikan permasalahan di tingkat desa yang akan mendapatkan bantuan toilet tersebut seperti pembebasan lahan pembangunan toilet. Terutama untuk pembangunan toilet IPAL komunal yang membutuhkan lokasi yang cukup luas.

"Target kita bulan november mendatang seluruh pembangunan toilet tersebut telah rampung di kerjakan," kata Lovoldo Pilas menambahkan.

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018