Jambi, (Antaranews Jambi) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Brigjen Muchlis AS memberikan tips kepada seluruh masyarakat Jambi yang akan mudik Lebaran agar aman dan lancar dalam perjalanan menuju kampung halaman maupun rumah yang ditinggalkan selama liburan.

"Kepada warga yang merayakan Idul Fitri 1439 Hijriah tahun ini, agar aman menuju kampung halamannya dapat memperhatikan hal-hal di antaranya pastikan surat kendaraan dalam keadaan lengkap seperti SIM dan STNK," kata Muchlis AS, di Jambi, Rabu.

Kemudian, juga membawa kelengkapan alat bantu atau seperti ban cadangan, dongkrak dan kotak P3K, taati peraturan lalu lintas dan gunakan sabuk pengaman untuk pengendara roda empat serta jangan lupa berdoa sebelum berangkat.

"Kepada warga yang akan mudik tahun ini dapat mematuhi imbauan tersebut, agar dalam perjalan bisa lancar dan aman serta sampai pada tujuan," kata Muchlis AS pula.

Kemudian lagi untuk warga yang mudik saat meninggalkan rumah selama liburan lebaran tahun ini juga dapat mengikuti tips yang disarankan pihak kepolisian.

Muchlis mengatakan, untuk warga yang meninggalkan rumahnya agar mencabut selang tabung elpiji yang ada di rumah dari kompornya, kemudian mematikan PDAM dan cabut listrik bila tidak diperlukan saat rumah kosong.

Kemudian pastikan rumah terkunci dengan baik dan titipkan rumah anda kepada ketua RT atau RW, tetangga maupun Babinkamtibmas atau Babinsa setempat serta mintalah bantuan kerabat yang tidak mudik untuk memeriksa dan melihat rumah beberapa hari sekali.

"Dengan mematuhi semua tips dan imbauan tersebut, mudah mudahan warga yang mudik dapat selamat dalam perjalanan maupun aman meninggalkan rumahnya selama berlebaran di kampung halamannya," kata Kapolda Muchlis AS.

Sampai saat ini situasi arus mudik baik datang maupun pulang ke Jambi masih terpantau aman dan lancar, seperti di bandara dan loket bus yang ada di terminal daerah ini.

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018