Jambi (Antaranews Jambi)- Universitas Jambi bakal menerima sebanyak 2.360 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2018 wilayah barat di perguruan tinggi tersebut.

"Yang akan diterima melalui jalur tersebut sekitar 2.360 mahasiswa atau sesuai kuota 30 persen dari keseluruhan kuota mahasiswa baru yang diterima tahun ini," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi, Prof RA Muthalib di Jambi, Selasa.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan ujian tulis berbasis cetak (UTBC) melalui jalur mandiri wilayah barat di Universitas Jambi yang dilaksanakan hari ini, diikuti oleh 3.700 peserta yang terdiri dari kelompok Sains Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum) serta Campuran.

Pelaksanaan SMMPTN wilayah barat tersebut merupakan penerimaan mahasiswa melalui ujian tulis yang dilaksanakan oleh beberapa perguruan tinggi negeri di wilayah barat untuk program sarjana.

Untuk pelaksanaan seleksi jalur itu diketuai oleh Universitas Syah Kuala Aceh, sehingga hasil ujian peserta yang mengikuti jalur tersebut akan dikirim ke Aceh yang menjadi ketua pelaksanaan seleksi mandiri wilayah barat.

"Setelah ujian selesai, maka lembar jawaban ujian itu akan dikirimkan ke Aceh untuk dilakukan penilainnya," katanya menjelaskan.

Kemudian hasil pengumuman seleksi SMMPTN 2018 itu akan dilaksanakan kan pada tanggal 27 Juli 2018 mulai pukul 14.00 WIB dan dapat diakses melalui laman http://pengumuman.smmptnbarat.id dan laman mirror masing-masing universitas.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur mandiri, maka tahapan selanjutnya calon mahasiswa baru melaksanakan registrasi ulang dengan membayar uang pangkal. Uang pangkal mahasiswa melalui jalur tersebut jumlahnya untuk masing-masing fakultas berbeda.

Jalur SMMPTN wilayah barat merupakan penerimaan berdasarkan ujian tulis yang dilakukan secara nasional yang dilaksanakan oleh beberapa perguruan tinggi negeri Indonesia wilayah barat untuk program S-1.

Jalur SMMPTN perguruan tinggi di wilayah barat itu di antaranya adalah Universitas Jambi, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Syah Kuala, Universitas Lampung.

Kemudian Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Andalas, Universitas Samudera, Universitas Palangkaraya, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Bangka Belitung, UIN Palembang, ISI Padang Panjang, Universitas Bengkulu, Universitas Malikussaleh, dan ISBI Aceh.
 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018