Jambi (Antaranews Jambi) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  Ketenagakerjaan Cabang Jambi menggandeng Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Jambi guna memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi warga Nahdliyin di daerah itu.

Komitmen perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi warga Nahdatul Ulama tersebut dilakukan dalam penandatanganan kesepakatan MoU antara keduanya di Jambi, Jumat.

Kerja sama yang dijalin itu untuk memberikan perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan kepada warga NU baik pekerja penerima upah maupun pekerja bukan penerima upah dengan menjadi kepesertaan jaminan sosial tersebut.

"Setiap masyarakat yang beraktifitas dan berkegiatan ekonomi, baik itu pekerja informal dan formal wajib dilindungi jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jambi, Mayriwan Ekaputra.

Dalam paparannya pada Focus Group Discussion (FGD) Perlindungan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi warga Nahdatul Ulama itu, pihak BPJS Ketenagakerjaan Jambi juga turut menyosialisasikan manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan yang merupakan program pemerintah.

"Pada dasarnya ini untuk memberikan perlindungan dari risiko pekerjaan, sehingga dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan kita lebih tenang dan fokus dalam bekerja," kata Mayriwan dihadapan puluhan pengurus NU se-Provinsi Jambi.

Pihaknya juga menitipkan pesan kepada Pengurus NU di daerah itu agar turut menggelorakan program jaminan sosial yang merupakan program pemerintah. Sebab warga NU di Provinsi Jambi mempunyai cakupan yang sangat luas.

Dengan mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut kata dia, peserta akan mendapatkan banyak manfaat mulai dari jaminan kematian, kecelakaan kerja hingga jaminan pensiun.

Sementara itu, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Jambi yang diwakili M Taher, mengatakan kerja sama tersebut merupakan turunan dari kesepakatan yang telah dilakukan BPJS Ketenagakerjaan dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta.

PWNU Jambi menyambut baik kerja sama tersebut karena program jaminan sosial ketenagakerjaan ini dinilai memberi banyak manfaat dan berguna untuk kehidupan.

Selain itu, kesepakatan kerja sama tersebut kata Taher dapat diteruskan melalui kesepakatan antara PCNU dan sejumlah kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di kantor cabang kabupaten di Provinsi Jambi.

"Kerja sama yang seperi ini akan mendatangkan manfaat dan saling menguntungkan dalam melaksanakan roda organisasi Nahdatul Ulama," kata Taher.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018