Jambi (Antaranews Jambi)- Hari libur 17 Agustus 2018 dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 jatuh pada hari Jumat atau bertepatan dengan akhir pekan. 

Usai upacara kemerdekaan selain dimeriahkan berbagai lomba khas 17-an Agustus itu, bagi warga juga bisa berliburan bersama keluarga hingga akhir pekan.

Berikut sejumlah destinasi wisata yang menjadi rekomendasi dan bisa anda kunjungi selama libur 17 Agustus 2018;

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.805 meter dari permukaan laut (MDPL) itu, saat peringatan hari kemerdekaan RI setiap tahunnya menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi pendaki.

Pada umumnya para pendaki yang datang pada saat momen itu, mereka berbondong-bondong mendaki yang kemudian menggelar upacara bendera di atas gunung dengan sensani di atas ketinggian.

Tak hanya pendaki dari Provinsi Jambi, setiap tahunnya juga pendaki dari luar daerah, seperti dari Pulau Jawa juga berdatangan menapaki Gunung Kerinci yang berjuluk "Atap Sumatera" itu.

Danau Gunung Tujuh

Bagai para traveler dalam mengisi liburan kah HUT Kemerdekaan tersebut, jangan sampai melewatkan Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara atau 1,950 MDPL. Lokasinya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Bagi kalian yang ingin mengisi libur akhir pekan pada bulan Agustus itu, bisa "camping" bersama dengan keluarga, teman dan juga komunitas anda di Danau Gunung Tujuh.

Danau Gunung Tujuh adalah danau yang indah dan unik di Indonesia. Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas sekira 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau tersebut sekira 

Danau yang letaknya di atas gunung itu menjadikan suasana danau masih asri dan alami. Udaranya pun segar, panorama hijau, dan air danau yang jernih menyuguhkan keindahan.

Candi Muaro Jambi

Komplek percandian Muaro Jambi yang merupakan kawasan percandian terluas di Indonesia itu berada di Kabupaten Muarojambi, Propinsi Jambi. Saat memasuki momen libur akhir pekan itu, tidak salah jika ada memilih objek wisara komplek percandian untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Selain lokasinya yang mudah ditempuh dengan perjalanan darat atau sekitar 45 menit dari Kota Jambi, di komplek percandian  itu juga menyuguhkan suasan yang asri dengan bersepeda yang disewakan oleh masyarakat di sekitar kawasan.

Selain itu, pengujung dapat bembawa bekal yang kemudian bercengkrama akan menambah suasana semakin akrab bersama dengan keluarga.

Untuk masuk ke dalam komplek percandian itu, pengunjung harus terlebih dahulu membayar retribusi di pos pintu masuk.

Taman Rimba

Taman Rimba yang merupakan Kebun binatang satu-satunya di Provinsi Jambi itu, juga tidak bisa dilewatkan dari sederet objek wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi libur hari kemerdekaan. 

Saat momen momen libur, keberadaan kebun binatang itu selalu ramai dikunjungi masyarakat Kota Jambi, dan bahkan masyarakat luar kota di Provinsi Jambi.

Selain karcis masuk yang relatif murah, berkunjung ke kebun binatang juga bisa memberikan edukasi terhadap anak-anak, sehingga sebagian besar pengunjung yang datang adalah keluarga.

Saat ini, Kebun Binatang Taman Rimba Jambi yang berlokasi persis di depan Bandara Sultan Thaha Jambi itu memiliki sekitar 400 koleksi jenis satwa langka.

Jenis satwa yang dikoleksi kebun binatang itu diantaranta, mulai satwa aves atau unggas, mamalia dan reptil.

Selain itu, untuk tarif karcis masuk untuk pengunjung dewasa pada momen hari ibur dipatok Rp10.000 per pengunjung, sedangkan untuk karcis pengunjung anak-anak dipatok Rp5.000 per orang.


 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018