Jambi (Antaranews Jambi) - Sebanyak 47 orang bakal calon legislatif (bacaleg) di Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi sudah dipastikan tidak masuk dalam daftar calon sementara (DCS) alias tidak bisa ikut bertarung dalam pemilu legislatif (pileg) daerah itu tahun 2019 mendatang.

"Ya, dari hasil verifikasi dan pleno yang dilakukan oleh pihak KPU Kabupaten Sarolangun. Ada 47 orang bacaleg tidak memenuhi syarat (TMS) dari 399 bacaleg yang mendaftar," kata Ketua KPU Sarolangun Muhammad Fahkri di Sarolangun.

Ia mengatakan dari sekian banyak bacaleg yang TMS menurut dia berdasarkan PKPU Nomor 5 tahun 2018, secara otomatis gugur atau tidak bisa ikut bertarung pada Pemilu Legislatif  yang akan dilaksakan tanggal 17 April 2019 mendatang.

"Dari partai Berkarya 13 orang, Perindo 6 orang, PPP 2 orang, Hanura 7 orang, PBB 10 orang, PDIP 2 orang dan PKB 5 orang," katanya.

Sementara itu, dia meyakini akan ada pengurangan lagi bila dilihat dari komposisi perdapil yang kuota perempuannya tidak mencukupi.

"Jadi, sebanyak 352 orang telah dinyatakan memenuhi syarat (MS), namun berkemungkinan akan berkurang lagi bila perdapil kuota bacaleg perempuannya tidak cukup," kata Fahkri menambahkan.

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018