Jambi (AntaranewsJambi) - Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jambi sukses menggelar kegiatan bersih Sungai Batanghari yang dilaksanakan di kawasan percandian Muarojambi dengan mengumpulkan dua ton sampah dipinggiran sungai.

Humas BKIPM Jambi, Sukarni, di Jambi Senin mengatakan program bersih sungai tersebut merupakan salah satu kegiatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengkampanyekan Gerakan Bersih Pantai, Laut dan Sungai (GBPL).

Gerakan yang merupakan bagian dari program Gerakan Cinta Laut (Gita Laut) itu dilakukan untuk menjaga kawasan perairan baik laut dan sungai dari pencemaran dan sampah.

"Laut dan sungai merupakan sumber penghasilan masyarakat Indonesia. Jika lautnya sehat maka ikannya melimpah dan masyarakat ikut sejahtera," kata Sukarni.

Aksi yang dilaksanakan oleh Pandu Laut Nusantara bekerja sama dengan Kemeterian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia ini dibuat dalam rangka memperingati HUT kemerdekan RI yang ke-73 dan kampanye 'marine plastics debris' untuk menanggulangi sampah plastik yang masuk ke laut dan sungai.

Lokasi pelaksanaan kegiatan di Jambi adalah Muaro Sebo Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Gerakan Bersih Laut dan Sungai yang dilaksanakan serentak di 73 lokasi sepanjang pantai dan sungai di Indonesia.

Selain itu kegiatan ini merupakan komitmen dan aksi bersama untuk mengurangi sampah di laut dan sungai, karena laut dan sungai bukan tempat sampah. Masyarakat perlu terus diberikan edukasi agar tidak lagi membuang sampah di laut dan sungai.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018