Jambi (Antaranews Jambi)- Pihak rektorat Universitas Jambi mengumpulkan ratusan mahasiwa baru penerima Bidikmisi tahun akademik 2018/2019, dalam rangka pertemuan dengan jajaran pihak perguruan tinggi tersebut, Senin.

"Orang-orang yang berprestasi ini (seperti kalian) yang kita harapkan untuk membangun masa depan bangsa," kata Rektor Universitas Jambi Prof Johni Najwan dalam keteranganya dihadapan ratusan mahasiswa baru penerima bidik misi.

Kemenristek-dikti memberikan kuota beasiswa Bidikmisi kepada Universitas Jambi sebanyak 468 mahasiswa pada tahun 2018.

Pada pertemuan itu juga dihadiri Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra dan sejumlah pejabat di lingkungan perguruan tinggi itu.

Para mahasiswa penerima Bidikmisi menurut Rektor, merupakan generasi milenial yang inovatif dan unggul sehingga nantinya diharapkan mampu untuk berkompetisi.

Melalui Bidikmisi itu juga akan memunculkan mahasiswa berprestasi, baik ditingkat universitas, nasional dan bahkan bisa ke kancah internasional.

Sejauh ini kata Rektor, pihak perguruan tinggi telah memberikan apresiasi dan juga penghargaan kepada mahasiwa-mahasiwa beprestasi yang telah mengharumkan nama universitas.

"Kita harapkan akan muncul terus mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi," katanya menjelaskan.

Sementara itu, beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang diberikan untuk mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik, baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. 

Tujuan diselenggarakannya Beasiswa Bidikmisi adalah untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik.

Dengan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma atau Sarjana sampai selesai dan tepat waktu. ***
 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018