Jambi (Antaranews Jambi) - Pelaksana Tugas Gubernur Jambi Fachrori Umar akan menghadiri Konferensi Danau se-Dunia atau Indonesia-Japan Workshop on Sustainable Lake Management in The 17th World Lake Conference (WLC17) 2018 di Ibaraki, Jepang 15-19 Oktober.
     
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah di Jambi, Minggu, mengatakan keikutsertaan Plt Gubernur Jambi dalam Konferensi Danau se-Dunia tersebut didasarkan surat undangan Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 
     
Dimana Plt Gubernur Jambi beserta 12 gubernur lainnya dan delapan bupati se-Indonesia diundang dalam konferensi tersebut.
     
Kepala Biro Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Jambi, Muktamar Hamdi menjelaskan Konferensi Danau se-Dunia (The World Lake Conference) Tahun 2018 di Kota Ibaraki, Jepang merupakan kelanjutan dari Konferensi Nasional Danau Indonesia di Sanur Bali tanggal 13 -15 Agustus 2009 lalu.
     
"Konferensi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pemerintah daerah dan instansi terkait dalam memelihara dan menyelamatkan fungsi danau serta menarik sektor swasta untuk memanfaatkan jasa lingkungan secara berkesinambungan," kata Muktamar.
     
Dalam rangka menggalang kerjasama internasional untuk peningkatan pengelolaan danau di Indonesia sesuai amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengundang 13 gubernur serta delapan bupati se-Indonesia untuk mengikuti workshop tersebut.
     
Indonesia memiliki tidak kurang dari 500 danau dengan ciri khas sebagai danau tropis kepulauan, salah satunya yakni Danau Kerinci Provinsi Jambi yang masuk salah satu dari 15 danau yang menjadi prioritas nasional untuk dilakukan pembenahan dan pengelolaan.
     
"Hasil dari konferensi itu adalah akan dirumuskannya resolusi danau sebagai rujukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk pengelolaan dan pemanfaatan danau berkelanjutan," kata Muktamar.
     
Dalam kunjungan kerja ke Jepang tersebut, Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Jambi Imron Rosyadi dan Kepala Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jambi, Katamso Syafei Ahmad.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018