Jambi, Antaranews Jambi – Rombongan The Island Foundation Singapura dan Yayasan Peduli Kepulauan Riau melakukan study visit ke Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran Program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. 

Selama tiga hari, dari tanggal 12 hingga 14 november 2018 Direktur Eksekutif Haryati Poston, Manager Pendidikan Erlina Ramli, dan Koordinator Pendidikan Luve Silvia Putri serta Agus Suprianto menjadi peserta pelatihan di kelompok SD/MI maupun SMP/MTs. Mereka juga terlibat aktif berdiskusi untuk merefleksikan evaluasi kegiatan bersama para fasilitator daerah.

“Kami ingin melihat model pelatihan yang dilakukan oleh Tanoto Foundation melalui program PINTAR," kata Direktur Eksekutif The Island Foundation Haryati Poston di Tanjung Jabung Timur, rabu (14/11).

Rombongan juga ingin melihat praktik pembelajaran aktif di dalam kelas setelah peserta dilatih. Rombongan melihat antusiasme peserta sangat baik dan fasilitator daerah berhasil membuat peserta aktif dalam pelatihan.

Dari kunjungan tersebut mereka juga ingin mengadopsi sistem rekrutmen fasilitator daerah yang diambil dari lokasi daerah mitra berada. Menurut Haryati Poston hal tersebut bagus untuk dicontoh. Ketika program di daerah tersebut berakhir, mereka masih memiliki fasilitator-fasilitator yang akan meneruskan program sehingga keberlanjutan kegiatan akan tetap ada.

Sementara itu, Koordinator Program PINTAR Tanoto Foundation Provinsi Jambi, Medi Yusva mengatakan kedatangan The Island Foundation Singapura akan berdampak positif bagi ke dua belah pihak.

"Dengan adanya kunjungan ini, kami juga mendapatkan masukan dan bisa saling belajar, saya kira itu adalah hal positif untuk meningkatkan kualitas pelatihan,” katanya.

Pada hari terakhir kegiatan, The Island Foundation mengunjungi sekolah dan madrasah yang menjadi tempat praktik mengajar peserta pelatihan. Yaitu di SDN 61/X Talang Babat, MIN 2 Tanjung Jabung Timur, MTsN 4 Tanjung Jabung Timur, SMPN 12 Tanjung Jabung Timur dan SMPN 17 Tanjung Jabung Timur. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018