Jambi (Antaranews Jambi) - Ikan arwana Batanghari menjadi salah satu spesies yang dikembangbiakkan di unit pembibitan dan pembenihan ikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi di kawasan Telanaipura Kota Jambi.

Upaya pembenihan tersebut dilakukan DKP Jambi untuk menjaga kelestarian dari jenis ikan yang makin sulit ditemui. Ikan arwana Batanghari memiliki ciri khas berwarna perak.

Suryani sebagai salah satu tenaga teknis Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi mengatakan bahwa untuk mengatasi kelangkaan tersebut dinas kelautan dan perikanan melakukan perkembangbiakan pada ikan jenis tersebut.

"Untuk mengatasi kelangkaan bahkan punah, upaya kami di sini melakukan perkembangbiakan mulai dari pembibitan hingga pembesaran," kata Suryani.

Ikan yang terdapat di penangkaran tersebut setelah dilakukan perkembangbiakan selama kurang lebih dua bulan seterusnya baru akan di pasarkan ke masyarakat dalam bentuk bibit.

Hal ini dilakukan guna untuk menjaga kelestarian ikan yang ada di Jambi agar perkembangbiakannya terus bergulir sehingga tidak terjadi kepunahan.

Unit Pembenihan dan Pembibitan DKP Jambi saat ini melakukan pembenihan untuk  2 jenis ikan yang dilakukan pembibitan yaitu jenis ikan hias dan ikan konsumsi.

Ikan hias terdiri dari ikan arwana, ikan koi, ikan koki dan lain lain sedangkan untuk ikan konsumsi seperti ikan gurame, ikan semah, ikan nila dan lain sebagainya.

Di Jambi juga terdapat beberapa ikan khas daerah itu, salah satunya ikan toman yang banyak hidup di daerah rawa, ikan gabus serta beberapa ikan khas lainnya.***

Pewarta: Irzan

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018