Puluhan jurnalis Jambi dari berbagai media yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Provinsi Jambi (IJPJ) menggalang dana untuk warga Parit 6 Desa Pangkal Duri, Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjungjabung Timur yang rumah mereka terbakar, pada pekan lalu.

Setelah dilakukan pendataan, sebanyak 62 unit rumah warga hangus terbakar dan tiga unit rumah warga terpaksa dirobohkan. Dari jumlah rumah tersebut, sebanyak 192 jiwa harus kehilangan tempat tinggal dan satu orang mengalami luka bakar, namun kondisinya saat ini sudah mulai membaik.

Aksi galang dana IJPJ itu digelar, Jumat, di Simpang Empat BI Jambi yang dipimpin langsung Ketua IJPJ, Abdul Manan. Aksi kemanusian itu sebagai bentuk kepedulian sesama.

Penggalangan dana dimulai pukul 11.00-11.40 WIB. Dalam waktu singkat itu, IJPJ mengumpulkan donasi yang disumbangkan pengendara sebanyak Rp1.327.900 yang kemudian disalurkan kepada warga yang rumahnya terbakar melalui Dinas Sosial Provinsi Jambi.

"Alhamdulillah aksi penggalangan dana yang kita lakukan untuk warga Pangkal Duri. Kita mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan semua khususnya segenap donatur yang telah menyumbang tadi, semoga apa yang kita lakukan menjadi bermanfaat," kata Manan

Pekan depan, IJPJ kata Manan kembali menggalang dana untuk warga Pangkal Duri. Namun ia belum membeberkan waktu dan lokasi.

Sebelumnya, puluhan rumah warga Parit 6 Desa Pangkal Duri hangus terbakar. Insiden kebakaran terjadi, Kamis (9/5) hingga Jumat (10/5) dini hari.

Kobaran api yang besar didukung tiupan angin laut mempercepat api membakar satu per satu rumah di kawasan itu.***


 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019