Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID)  Kecamatan Bajubang menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) di aula kantor camat setempat. 

Kegiatan strategis pembangunan daerah itu dihadiri oleh  Ketua DPRD Batanghari M.Mahdan, Ketua TP PKK Kabupaten Batanghari Hj Yunninta Asmara, Camat Bajubang dan seluruh pegiat desa Se-Kecamatan Bajubang.

Camat Bajubang Ichwan  dalam sambutannya  mengatakan,  Bursa Inovasi Desa  merupakan bagian dari kegiatan Program Inovasi Desa (PID). Kegiatan ini adalah  sarana bagi desa mendapatkan informasi jenis inovasi yang dapat dikembangkan sesuai dengan potensi desa. 

"Kita berharap agar para kades dan BPD yang terlibat sebagai peserta dapat mengamati, meniru dan memodifikasi berbagai jenis kegiatan yang  inovatif yang dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa ini, sehigga pemanfaatan dana desa dapat lebih meningkatkan dan kaya inovasi serta penuh kreativitas sesuai kebutuhan masyarakat," kata Ikhwan.

Sementara itu, Eri Junaidi Tenaga Ahli P3MD - PID Batanghari mengatakan Kecamatan Bajubang merupakan  Kecmatan Keempat yang menggelar Bursa Inovasi Desa setelah Muaratembesi, Pemayung dan Muarabulian.

Baca juga: Keong mas mengganggu tanaman padi di tiga kecamatan Batanghari
Baca juga: Kru produksi film "BU.N.TU" dijamu Tim PKK Batanghari

"Setelah Bajubang ada  empat Kecamatan lagi yang akan melaksanakan Bursa, yaitu Mersam, MSU, MSI dan Batin XXIV," katanya.

Ketua TP PKK Batanghari Yunninta Asmara ditemui usai acara berharap, Kegatan BID mampu mendorong hadirnya berbagai produk unggulan desa yang dapat memicu pertumbuhan ekonomi kreatif.

" Kedepannya kita berharap 'one village one product' artinya setiap desa memiliki satu produk unggulan, maka desa perlu berinovasi, Bursa Inovasi Desa merupakan wadah yang tepat untuk bertukar inovasi soal itu," tutup Yunninta.

Bursa Inovasi Desa bertujuan untuk mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID), memperkenalkan inisiatif atau inovasi di Desa, menjaring komitmen Pemerintah Desa, membantu Desa meningkatkan kualitas pembangunan, serta memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan Desa. 

Baca juga: Polisi Jambi tembak kaki pelaku jambret
 

Pewarta: Septa Randika

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019