Pemerintah Provinsi Jambi mengajak seluruh masyarakat di provinsi itu untuk ikut berpartisipasi pada Festival Gapura Cinta negeri 2019 memperebutkan piala Presiden dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia.

"Ayo masyarakat Jambi ikuti Festival Gapura Cinta Negeri dengan cara menghias gapura yang ada di lingkungan kita dengan tema Cinta Negeri," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah, Kamis.

Johansyah menjelaskan, berdasarkan radiogram Menteri Dalam Negeri tentang Festival Gapura Cinta Negeri tingkat RW seluruh Indonesia, penilaian lomba berdasarkan semangat gotong royong/kolaborasi, orisinalitas, keasrian, kebersihan, keunikan, kreatifitas dan bermanfaat untuk warga.

Kemudian karya harus menyertakan logo HUT ke-74 RI dan unsur "Keindonesiaan" antara lain merah putih, burung garuda dan motif kedaerahan. Karya tidak dibangun dengan menggunakan struktur permanen.

Selanjutnya hasil karya tidak mengandung unsur sara, pornografi, politik, ormas, merek dan produk komersil apapun serta gapura berdiri utuh sampai dengan tanggal 17 September 2019 dan sumber pembiayaan menggunakan swadaya masyarakat atau tidak menggunakan dana desa/pemerintah.

Untuk syarat peserta adalah perwakilan kelompok masyarakat di tingkat/lingkungan RW.

Sedangkan cara mengirim hasil karya lomba gapura yakni masing-masing peserta wajib mengirimkan 10 foto yang terdiri dari empat foto kemeriahan proses pembuatan gapura dan enam foto hasil karya gapura dari berbagai angle dengan ukuran foto maksimal 1MB/foto. Peserta mengirim foto via website ke www.gapuracintanegeri.com mulai 15 Juli 2019 dan ditutup tanggal 7 Agustus 2019

Panitia akan menerima, mengkurasi dan menyeleksi seluruh hasil karya dengan kriteria penjurian ditentukan berdasarkan skoring juri.

Kemudian posting video dan foto kemeriahan proses pembangunan gapura di Instagram dengan menggunakan #gapuracintanegeri mention ke account @gapuracintanegeri untuk membantu mempromosikan foto gapura yang dikirim menjadi pemenang favorit.

Sebanyak 10 gapura pemenang kategori umum dan tiga gapura pemenang kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi akan diundang untuk bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo

Untuk hadiah lomba, juara kategori Gapura terbaik dari kategori umum mendapat piala bergilir Presiden dan uang senilai Rp250 juta. Dan pemenang kategori Gapura Favorit pilihan netizen mendapat uang senilai Rp100 juta rupiah.

Kemudian tiga piala untuk Gapura Pemenang dari Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi dan uang senilai Rp50 juta rupiah per pemenang dan 10 piala untuk Gapura Pemenang dari Kategori Umum dan uang senilai Rp50 juta rupiah per pemenang.

"Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat festival gapuran Cinta Negeri melalui nomor telepon 0813-2843-3134/0913-2834-3135," kata Johansyah.***

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019