Wali Kota Jambi H Syarif Fasha berharap di Danau Sipin yang saat ini dijadikan  tempat menggelar kejuaraan nasional dayung tingkat pelajar, ke depan dapat menjadi ajang  berlangsungnya  kejuaraan berlevel internasional. 

“Dengan terselanggaranya kejurnas dayung tingkat pelajar ini menunjukkan bahwa Danau Sipin merupakan venue lomba dayung yang sudah sesuai standar, dan jika memungkinkan di tahun yang akan datang kejuaraan internasional dayung dapat dilaksanakan sini,” kata Syarif Fasha saat menyaksikan kejurnas dayung tingkat pelajar di Danau Sipin, Jambi. 

Dijelaskan Syarif Fasha, Kejuaraan Internasional dayung cukup mumpuni jika dilaksanakan di Danau Sipin. Karena pemerintah kota itu saat ini tengah melakukan berbagai pembenahan di danau itu. 

Salah satu pembenahan yang dilakukan yakni pembangunan pintu air untuk meningkatkan debit air danau. Sehingga selain sebagai objek wisata, Danau Sipin di harapkan dapat menjadi venue olahraga dayung dan olahraga air lainnya. 

“Kita lihat saat ini animo masyarakat terhadap olahraga dayung ini cukup baik, dan kita pemerintah kota akan menyiapkan peralatan, sarana dan prasarana olah raga dayung ini,” kata Syarif Fasha. 

Selain itu, Syarif Fasha berharap atlet dayung Kota Jambi mampu meraih prestasi tertinggi melalui kejurnas dayung itu. Tidak hanya atlit dayung yang mengikuti kejurnas, namun atlet dayung Kota Jambi lainnya diharapkan dapat menorehkan prestasi gemilang di  tingkat nasional bahkan internasional. 

“Harapan besar kami ke depan yakni, jika mengingat olahraga dayung, masyarakat di Indonesia akan mengingat Kota Jambi, dan harapannya atlet nasional dayung nantinya didominasi oleh atlet  dari Kota Jambi,” harapnya. 

Kejuaraan nasional dayung tingkat pelajar di Danau Sipin itu dilaksanakan dari tanggal 24-27 Juli 2019. Dimana terdapat 163 atlit dari 24 PPLP/PPLPD/SKO yang ada di Indonesia. Dan cabang lomba dayung yang akan diperlombakan yakni kayak, canoe, rowing dan ergo rowing. Selaku tuan rumah, PPLP Jambi mengirimkan 12 orang atlit terbaiknya. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019