Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) melakukan kampanye penanaman dan pelestarian tumbuhan bakau atau mangrove melalui kegiatan lomba lintas alam yang diikuti masyarakat, khususnya generasi muda di daerah itu.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi semua pihak dalam menjaga lingkungan hidup serta menumbuhkan kesadaran terhadap dampak iklim global dari ancaman polusi," kata Bupati Tanjabbar H Safrial MS di Kualatungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Senin.

Selain itu, kegiatan yang dirangkai dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Tanjabbar ke-54 dan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan RI tersebut juga untuk mendorong mempromosikan destinasi wisata mangrove Pangkal Babu di kawasan pantai Kualatungkal.

Kegiatan yang dimotori oleh Dinas Lingkungan Hidup daerah (DLHD) Tanjabbar dan Kodim 0419 Tanjab tersebut bertema petualangan di hutan mangrove Pangkal Babu Kualatungkal Kabupaten Tanjabar.

Kegiatan digulirkan di Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir yang merupakan kawasan pantai di perairan timur Provinsi Jambi. Lomba lintas Alam mengangkat tema "Get To Adventure Magrove Forest Pangkal Babu".

Bupati Safrial dan Wabup Amir Sakil ikut ambil bagian pada kegiatan yang juga diikuti oleh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan Forkopimda Kabupaten Tanjabbar itu.

Ketua pelaksana lintas alam Suparjo SE menyampaikan kegiatan lomba lintas alam itu diikuti 49 kelompok yang terdiri dari perwakilan siswa dari sekolah di Kualatungkal, Ormas, OKP, perwakilan OPD, mahasiswa serta masyarakat umum.

Selain lomba lintas alam juga dilakukan penanaman bakau di kawasan hutan mangrove Pangkal Babu yang menjadi salah satu destinasi wisata yang dikembangkan daerah itu.

Kabupaten Tanjabbar merupakan salah satu pintu masuk Provinsi Jambi khususnya jalur laut karena memiliki Pelabuhan Roro Kualatungkal yang saat ini masih terus dikembangkan dan dilengkapi pelayangannya. Dari pelabuhan itu bisa melakukan penyeberangan ke Batam dan sejumlah pelabuhan lainnya di perairan timur Sumatera.

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019