Kegiatan renungan suci dan pembacaan puisi dari angkatan Balai Pustaka mengakhiri aktivitas dan pembekalan wawasan kebangsaan serta bela negara bagi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Nusa Tenggara Timur  yang digelar di Markas Komando Resort Militer (Korem) 042/ Garuda Putih (Gapu) Jambi,  Minggu (18/8) malam.

Bila pada siang hari, para siswa mendapat tempaan materi bela negara, pengenalan kesatan TNI, serta outbound untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakkan, pada renungan suci para peserta SMN mendapat sentuhan rohani melalui beberapa kegiatan yang menguras daya apresiasi dan emosi.

Kegiatan renungan suci dilakukan di lapangan Makorem 042/Gapu di kawasan Kota Jambi. Para peserta yang mengenakan t-shirt merah putih, yang mereka kenakan pada saat kegiaan BHUN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2018 , berkeliling di lapangan itu.

Di bawah kegelapan malam, para peserta membawa lilin sebagai penerangan dan menjadi ciri khas setiap kegiatan renungan suci.

Di sela orasi yang disampaikan oleh istruktur dari Makorem 042/Gapu, juga ditampilkan puisi-puisi angkatan Balai Pustaka yang dibawakan oleh para siswa SMN silih beganti.

Kegiatan itu merupakan salah satu kegiatan wajib bagi peserta SMN 2019. Dan SMN sangat senang dan menghayati momen tersebut.

Kegiatan itu merupakan penutup rangkaian kegiatan mereka di Makorem Gapu.

Sedangkan mulai Senin  (19/8) rombongan SMN akan mengikuti kegiatan selanjutnya kunjungan ke obyek wisata warisan budaya, serta melakukan kunjungan ke Kayu Aro Kabupaten Kerinci.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019