Pascadilantik menjadi Ketua DPRD Provinsi Jambi Sementara, Edi Purwanto langsung terbang melihat lokasi kebakaran lahan di kawasan Kabupaten Tanjungjabung Timur dan Muarojambi.

Edi menggunakan helikopter bersama Gubernur Jambi Fachrori Umar, Kapolda Jambi Irjn Pol Muchlis AS dan Danrem 042/Garuda Putih Letkol Elphis Rudy.

Ditemui usai meninjau lokasi karhutla, Ketua DPRD Provinsi Jambi Sementara Periode 2019-2024 ini mengatakan bahwa penyelesaian masalah karhutla yang mengakibatkan kabut asap ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tapi harus bersinergi dan terintegrasi antara pemerintah kabupaten/kota, provinsi, maupun pusat.

"Jadi mohon pemahaman dan doa dari masyarakat, semua pihak sekarang sedang bekerja, tapi memang tidak mudah dan ada tahapannya. Dansatgas Karhutla dan gubernur sudah mengajukan surat ke pusat agar segera dilakukan proses hujan buatan, semoga bisa segera disetujui," kata Edi.

Meski proses hujan buatan belum dilakukan, namun menurut Edi pihak-pihak yang bertanggung jawab bersama masyarakat sudah bekerja dengan maksimal.

"Saya sangat mengapresiasi kerja-kerja Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), petugas Damkar, TNI dan Polri juga pihak-pihak lainnya yang terus berjibaku berhari-berhari memadamkan api, bahkan dengan perlengkapan seadanya, ini luar biasa," kata Edi.

Ia juga mengapresiasi kinerja Polda Jambi yang telah menetapkan 10 tersangka pelaku pembakaran lahan. 

"Saya minta penegakan hukum yang setegas-tegasnya sesuai dengan peraturan yang berlaku, ini penting agar ada efek jera dan karhutla ini tidak terulang lagi di masa mendatang," ujarnya.

Edi juga mengharapkan Gubernur Jambi dapat segera melakukan koordinasi dengan para kepala daerah yang terdapat kebakaran lahan di daerahnya. 

"Saya tadi meminta pak gubernur untuk segera rapat koordinasi dengan bupati-bupati yang ada karhutla di daerahnya, termasuk dengan perusahaan-perusahaan. Saya minta juga ikut berpartisipasi mencari solusi, agar karhutla ini segera padam," katanya menambahkan.***

 

Pewarta: -

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019