Sebanyak 40 orang ASN Kota Jambi yang akan memasuki masa pensiun memperoleh pelatihan pertanian hidroponik untuk bekal mereka pascatugas.

Secara khusus Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD)  Kota Jambi mengadakan acara workshop bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)  pada tanggal 11 September 2019 yang diikuti oleh 40 peserta ASN.

BKPSDM  Jambi mengelar acara Workshop ini bertempat di Aula BKPSDM dan menghadirkan Sekretariat Daerah,  Narasumber dari PT Taspen (Tabungan dan Asuransi Pensiun), petugas Hidroponik dan kepala BKS.

Menghadapi masa usia pensiun,  banyak dari kalangan ASN yang akan merasa tidak mempunyai pekerjaan, padahal masih banyak yang bisa dilakukan setelah pensiun.  Sehingga BKPSDMD memberikan motivasi dan keterampilan bagi para ASN tersebut.

Sekda Kota Jambi H  Budidaya  menyampaikan  Agar para ASN yang memasuki usia pensiun ini tidak merasa galau. Bahkan setelah pensiun itu masih banyak yang bisa dilakukan lagi. Bahkan bisa menghasilkan penghasilan buat keluarga.  

"Dan yang paling diutamakan ini adalah Hidroponik karena mungkin nanti dirumah bisa dilakukan untuk menanam paling tidak untuk kebutuhan sendiri, setidaknya biaya Rp. 20.000 sampai Rp. 25.000 bisa disimpan," katanya.

Hidroponik merupakan salah satu tanaman yang tidak susah untuk dibudidayakan hanya memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah,  sehingga ini bisa menjadikan peluang atau kegiatan untuk para ASN yang akan menghadapi usia pensiun.

Pewarta: Fina Indiyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019