Pemerintah Kota Jambi mengajak warga untuk mengurangi pemakaian kantong plastik dan juga memberikan kantong non-plastik ke pusat perbelanjaan seperti pasar tradisional.

"Ada sepuluh ribu kantong non-plastik yang kita bagikan ke pasar tradisional," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Minggu.

Dengan membagikan kantong non-plastik harapannya dapat berdampak terhadap menurunnya limbah kantong plastik di kota itu. Selain itu pemberian kantong non- plastik tersebut bertujuan untuk mengkampanyekan agar belanja tidak menggunakan kantong plastik.

Karena pemerintah kota itu telah mengeluarkan peraturan untuk tidak menggunakan kantong plastik karena bahaya dari limbah kantong plastik tersebut.

Pasar tradisional yang disambangi wali kota itu untuk dibagikan kantong non-plastik tersebut yakni Pasar Tradisional Aurduri dan Pasar Tradisional Keluarga. Tidak hanya di dua pasar tradisional itu, pemerintah kota itu juga akan membagikan kantong non-plastik ke pasar-pasar tradisional lainnya.

"Kepada masyarakat agar selalu membawa kantong non-plastik untuk berbelanja ke pasar karena Pemkot telah membatasi penggunaan kantong plastik di pasar - pasar tradisional," kata Syarif Fasha.

Kantong non-plastik yang diberikan kepada masyarakat tersebut menggunakan bahan kain yang multiguna serta ramah lingkungan.

Tidak hanya di pasar tradisional, sebelumnya pemerintah kota itu telah membatasi penggunaan kantong plastik di mini market swalayan dan mal-mal yang ada di kota itu.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019