Universitas Jambi melakukan sosialisasi sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2020 ke 35 Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Kota Jambi.

“Sosialisasi yang disampaikan yaitu adanya perubahan pada sistim SMPTN tahun 2020,” kata Rektor Universitas Jambi (Unja) melalui Kepala Bagian Humas Unja Akbar di Jambi, Minggu.

Salah satu perubahan mendasar pada SMPTN tahun 2020 mendatang yaitu peserta harus melakukan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahun 2020. Karena pada pendaftaran SNMPTN, UTBK dan SBMPTN pada tahun 2020 mendatang, peserta harus memiliki akun LTMPT.

Selain itu, juga terdapat perubahan sistim pada UTBK yang akan dilaksanakan, diantaranya kelompok ujian dikelompokkan dalam kelompok saintek dan soshum, atau campuran. Selain itu, pelaksanaan tes UTBK nantinya akan dilakukan dalam 14 sesi selama tujuh hari dan dalam satu hari akan dilaksanakan dua sesi tes.

“Sosialisasi ini dilakukan agar pihak sekolah dan calon peserta mahasiswa baru mengerti terhadap tahapan pendaftaran yang akan dilakukan, sehingga pada saat pelaksanaan tidak bingung lagi,” kata Akbar.

Pada SMPTN tahun 2020 mendatang, terdapat kabar gembira bagi calon peserta dari keluarga tidak mampu. Dimana siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah.

Sosialisasi SMPTN tahun 2020 tersebut langsung disampaikan oleh Rektor Unja, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kepala Humas Unja. Dari setiap sekolah hadir empat orang perwakilan, diantaranya kepala sekolah, guru BK, ketua OSIS dan perwakilan siswa kelas tiga. Selain melakukan sosialisasi ke 35 sekolah tersebut, Unja juga akan melakukan sosialisasi SMPTN Tahun 2020 ke sembilan kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Jambi secara road show.

Selain menyampaikan sosialisasi terkait SMPTN tahun 2020, pihak Unja turut menyampaikan informasi terkait Program Studi (Prodi) yang ada di Unja. Dimana saat ini terdapat satu program pasca sarjana, 7 fakultas dengan jumlah prodi sebanyak 87.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019