Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-67, Satgas Pengaman Perbatasan (Pamtas) RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ mengadakan rangkaian kegiatan berupa ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja Haliwen, Kelurahan Maumutin Kecamatan Atambua, Kabupaten Belu NTT, Rabu.

Kegiatan ziarah yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Seroja Haliwen itu dipimpin langsung Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ, Letnan Kolonel Inf Ikhsanudin.

Ziarah dalam agenda rangkaian memperingati HUT ke-67 Batalion Infantri Raider 142/Kesatria Jaya itu diikuti perwira, bintara dan tamtama Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ.

Kegiatan diawali dengan penghormatan umum kepada para pahlawan kusuma bangsa dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah dan tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah.

Kegiatan ziarah itu bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, juga merupakan agenda yang telah direncanakan sebelumnya pada rangkaian pelaksanaan HUT ke-67 Yonif R 142/KJ karena selain sebagai sarana dan wahana untuk lebih mencintai Tanah air, negara dan bangsa, juga mengajak seluruh personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Selain itu, kegiatan ziarah ini juga memiliki arti yang sangat penting yaitu sebagai penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya kepada Nusa dan Bangsa. "Bangsa yang besar adalah Bangsa menghargai jasa para Pahlawannya," kata Letkol Inf Ikhsanudin.

"Ini merupakan salah satu wujud penghargaan TNI terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah berkorban untuk kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Demi merebut dan mempertahankan Kemerdekaan, mereka telah rela mengorbankan harta benda hingga jiwa dan raga mereka demi NKRI dan bangsa ini," katanya lagi.

HUT ke67, lanjutnya dijadikan sebagai suatu sarana untuk selalu memberikan pengabdian terhadap masyarakat dan penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan pendahulu di wilayah perbatasan. 

"Sehingga dengan kegiatan ziarah ini kami berharap dapat meningkatkan rasa cinta kami terhadap tanah air, negara dan bangsa Indonesia. Saya selalu berharap kepada seluruh personel kami dimanapun berada, agar dapat memberikan pengabdian kepada masyarakat dan dapat memberikan penghargaan kepada jasa-jasa para pahlawan terdahulu," ujarnya.***


 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020