PT Pegadaian (Persero) dan PT Askrindo Cabang Jambi menyerahkan bantuan untuk membantu tim paramedis dan petugas di garda depan penanganan COVID-19 di Provinsi Jambi yang diserahkan melalui Satgas Bencana Nasional BUMN wilayah Jambi.

Penyerahan bantuan dilakukan di Posko Bersama Satgas Bencana BUMN Wilayah Jambi di Kantor Telkom Witel Jambi Kota Jambi, Selasa.

Bantuan tersebut diterima oleh Koordinator Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jambi M Zaidan Jauhari untuk selanjutnya akan didistribusikan kepada rumah sakit rujukan, puskesman dan petugas di garda depan pencegahan pandemi itu.

"Terimakasih atas dukungan dari kawan-kawan BUMN di Jambi, mudah-mudahan bantuan ini dapat mendukung petugas di lapangan melaksanakan tugas mulianya terkait penanganan COVID-19,” kata Ketua Satgas  Bencana BUMN WilayahJambi M Zaidan Jauhari .

Pada kesempatan itu PT Pegadaian Area Jambi menyerahkan Dana Kebajikan Umat Penanggulangan COVID-19 berupa bahan makanan, nutrisi dan bantuan lainnya. Sementara itu Askrindo menyerahkan alat pelindung diri.  Masing-masing diserahkan oleh perwakilan masing-masing.

Dijelaskan M Zaidan, Bantuan yang dihimpun dari BUMN di Jambi akan diserahkan ke pada petugas garda terdepan penanggulangan COVID-19 di Provinsi Jambi sesuai dengan arahan dari Kementerian BUMN.

Bantuan-bantuan yang telah dihimpun tersebut akan di serahkan ke fasilitas Kesehatan atau rumah sakit baik fasilitas kesehatan milik BUMN, pemerintah dan swasta yang telah di tunjuk sebagai rujukan bagi pasien COVID-19.

"Bantuan ini kita jadwalkan akan di serahkan pada pekan ini bersama bantuan lainnya yang telah dihimpun, namun akan kita koordinasikan terlebih dahulu bersama dengan rekan-rekan BUMN di Jambi yang juga tergabung dalam Forum Sinergi BUMN Jambi,” kata M Zaidan.
Perwakilan dari PT Askrindo Cabang Jambi tengah menyerahkan bantuan alat pelindung diri yang diserahkan melalui Gugus Tugas Bencana BUMN Wilayah Jambi yang diterima kordinatornya M Zaidan Jauhari di Posko Gugus Tugas Bencana BUMN Wilayah Jambi, Selasa. (ANTARA/M Hanapi)


Penyerahan bantuan itu juga dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan seperti pshycal distancing dan menggunakan masker penutup wajah.  

"Karena kondisinya  seperti ini, kta lakukan secara daring melalui video conference aplikasi zoom. Tujuannya agar seluruh rekan-rekan BUMN di Jambi dapat menyaksikan secara langsung penyerahan bantuan dengan tetap mematahui protokol Kesehatan dalam pencegahan penyebaran COVID-19," kata Zaidan.

Sementara itu BUMN wilayah Jambi yang terhimpun dalam Forum Sinergi BUMN langsung bergerak menghimpun dan menyerahkan bantuan. Sebelumnya bantuan dari Satgas Bencana BUMN Wilayah Jambi diserahkan ke Posko Satgas Bencana BUMN Provinsi Jambi yang diterima langsung  oleh Gubernur Jambi H Fachrori Umar.

Selain itu sejumlah bantuan juga mengalir dari sejumlah BUMN Cabang Jambi lainnya dalam bentuk bantuan alat pelindung diri, bahan makanan, nutrisi, susu, vitamin, serta yang lainnya.

"Kita lakukan penghimpunan bantuan dari BUMN di Jambi ini, maksudnya agar penyerahan bantuan terkoordinasikan dan tidak menumpuk ," kata Zaidan.

Satgas  bencana BUMN Jambi telah membentuk koordinator di setiap kabupaten/kota yang dimotori kantor BUMN untuk mendata kebutuhan di lapangan.

"Fokus kita kepada alat pelindung diri dan alat kesehatan, termasuk juga nutrisi dan vitamin untuk membantu paramedis agar tetap bugar dan sehat," kata Zaidan menambahkan. 
Sejumlah petugas di Posko Bersama Gugus Tugas Bencana BUMN Wilayah Jambi sedang memindahkan barang bantuan dari BUMN untuk membantu pencegahan dan penanganan COVID-19 di Jambi. (ANTARA/ Muhammad Hanapi)

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020