Untuk meningkatkan produksi padi pada 2020, khususnya pada musim gadu, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menargetkan luas tanam di daerah setempat mencapai 5.500 hektare .

“Dengan melihat potensi lahan, ketersediaan air dan antusias para petani, saya yakin Aceh Besar dapat kembali meraih surplus padi dan menjadi salah satu lumbung pangan di Provinsi Aceh,” kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di Aceh Besar, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan Mawardi Ali di sela-sela pengolahan sawah perdana dalam mengawali musim tanam padi gadu tahun 2020 di areal persawahan Gampong Bueng Pageu, Kecamatan Blangbintang.

Ia menjelaskan musibah COVID-19 yang sekarang melanda Indonesia umumnya dan Aceh Besar khususnya sangat mempengaruhi kondisi ekonomi dan sosial masyarakat.

Oleh karena itu, Pemkab Aceh Besar bekerja sama dengan jajaran Kodim 0101/BS untuk meningkatkan ekonomi petani melalui penanaman padi musim tanam gadu dengan memberikan benih dan olah tanah secara gratis.

"Bantuan ini merupakan dukungan dan kepedulian kita bagi petani, sehingga pendapatan dan hasil produksi petani akan lebih baik di tengah musibah COVID-19," katanya.

Ia menyebutkan pada musim tanam tahun sebelumnya, Aceh Besar mengalami surplus produksi padi yakni mencapai 160.182.692 ton.

Mawardi Ali mengatakan produksi yang dimiliki tersebut akan semakin memotivasi petani demi menjaga dan meningkatkan produksi sektor pertanian.

“Saya minta kepada para PPL, mantri tani dan Muspika di Aceh Besar untuk berpartisipasi aktif untuk menyukseskan musim tanam gadu 2020,” katanya.

Dandim 0101/BS Kol Inf Hasandi Lubis mengharapkan produksi padi musim gadu mengalami peningkatan dibanding masa tanam tahun sebelumnya agar tingkat pendapatan petani dapat membaik.

Dalam kesempatan tersebut, Mawardi Ali bersama Dandim 0101/BS turun langsung untuk menguji traktor yang akan mengolah areal pertanian milik petani di daerah setempat.

Dalam kegiatan itu turut hadir Danlanud SIM Kol Hendro Arief, Ketua dan anggota Komisi II DPRK Aceh Besar, Asisten II Setdakab Aceh Besar M Ali MSi, Kadistan Aceh Besar, Azhar, Kadis Pangan Aceh Besar, Fuadi Ahmad dan Kabag Humas dan Protokol Aceh Besar Muhajir.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020