Provinsi Jambi bersama tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi mempersiapkan skema normal baru (new normal) dalam menghadapi COVID-19. 

Hal ini terungkap pada briefing Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi di Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi tepatnya di kantor BPBD Provinsi Jambi, Senin (26/5) kemarin.

Rapat dipimpin Danrem 042/Gapu Kolonel Kav M Zulkifli selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan COVIF-19 Provinsi Jambi didampingi Penjabat Sekda Provinsi Jambi, Sudirman serta unsur dari Korem 042/Gapu, Polda Jambi, BPBD, Dinas Kesehatan, Biro Humas dan Protokol Setda, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Diskominfo, Satpol-PP Provinsi Jambi serta Basarnas dan PMI.

Pada kesempatan tersebut Danrem selaku wakil ketua menerima laporan dari masing-masing koordinator Gugus Tugas Penanganan COVID-19 tentang apa saja yang telah dilakukan maupun rencana yang akan dilakukan guna penanganan COVID-19, terutama untuk mempersiapkan skema new normal dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Penjabat Sekda Provinsi Jambi, Sudirman menjelaskan, Kabupaten Kerinci akan menjadi salah satu pilot project untuk penerapan new normal dari 124 kabupaten/kota se-Indonesia. 

Perencanaan penerapan new normal ini akan dimantapkan kembali dalam rakor tindak lanjut pembahasan perumusan protokol masyarakat produktif dan aman COVID-19 dengan pimpinan rapat Menko Perekonomian melalui vidcon. 

Pada kesempatan briefing itu, Danrem 042/Gapu Kolonel Kav. M.Zulkifli mengatakan, briefing yang dilakukan ini juga untuk menindaklanjuti arahan dari pusat berkaitan dengan penanganan COVID-19 dan rencana ke depan untuk efisiensi penanganan COVID-19.

"Ini biefing pertama setelah Idul Fitri, ada beberapa hal yang kita bahas terutama bagaimana menindaklanjuti arahan dari pusat dan apa saja yang sudah kita lakukan tentang penyaluran Jaring Pengaman Sosial, juga dibidang kesehatan," kata Danrem.

Untuk menghadapi new normal, lanjutnya, diperlukan persiapan yang baik di segala sektor seperti dibidang kesehatan, apa saja yang perlu kita persiapkan dibidang pendidikan dan sebagainya. 

"Untuk itu diperlukan kebijakan yang matang dan harus kita rapatkan dan koordinasikan terlebih dahulu," kata Danrem menambahkan.***


 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020