Mewabahnya Covid-19 yang dimulai sejak akhir Maret di Indonesia jelas sangat berdampak pada berbagai lini bisnis termasuk Jasa Raharja. Banyak kebijakan kerja yang dibuat terkait kondisi dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dari pemerintah seperti mengurangi kegiatan di luar kantor dan melakukan sistem shift Work From Home (WFH), namun tidak mengurangi pelayanan Jasa Raharja Jambi khususnya kepada masyarakat.

Memasuki masa normal baru (new normal), Jasa Raharja juga telah mempersiapkan pola kerja baru dengan memperhatikan protokol new normal. 

New Normal sendiri adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan COVID-19.

Penerapan new normal di Jasa Raharja dilakukan dengan work from office menggunakan masker selama jam kerja, mengecek suhu tubuh dan mencuci tangan sebelum memasuki kantor, melakukan social distancing, membersihkan secara rutin area kerja dengan disinfektan, menggunakan sarung tangan dan face shield bagi unit kerja yang berinteraksi dengan masyarakat maupun mitra kerja dan membuat sekat akrilik pembatas di meja pelayanan sehingga masyarakat tidak perlu takut jika berkunjung ke kantor Jasa Raharja.

Selain itu, di internal perusahaan sendiri terdapat Covid Ranger sebagai "agent of change the new normal protocol" yang bertugas memastikan kelancaran pelaksanaan new normal serta edukasi dan sosialisasi.

Penerapan new normal juga dilakukan dengan kesadaran seluruh pegawai yang diimbau mulai dari persiapan berangkat ke kantor dengan menggunakan masker dan membawa hand sanitizer, disarankan menggunakan sarung tangan dan membawa pakaian ganti. Jika berada ditransportasi umum harus memperhatikan jarak antar penumpang dan menghindari menyentuh fasilitas umum atau menggunakan sarung tangan. 

Saat berada di ruang publik hindari kontak fisik dan kerumunan serta menerapkan etika bersin/batuk. Saat meninggalkan kantor disarankan mengganti pakaian dan sepatu. 

Kemudian saat tiba di rumah segera membersihkan diri sebelum berinteraksi dengan keluarga dan cuci pakaian. Hal ini juga dapat ditetapkan oleh seluruh pekerja di Provinsi Jambi.***
 
Pola kerja baru Jasa Raharja Jambi dengan memperhatikan protokol new normal.  (FOTO ANTARA/HO/Jasa Raharja)

Pewarta: Dodi

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020