Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi mengatakan ada penambahan empat pasien sembuh dari COVID-19 sehingga total pasien sembuh sebanyak 81 orang.

"Berdasarkan hasil uji swab yang keluar hari ini, ada empat pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. Uji swab keempat pasien tersebut dua kali berturut hasilnya negatif sehingga dinyatakan sembuh," kata Johansyah, Minggu.

Empat pasien sembuh itu yakni pasien 32, 44 dan pasien 109 asal Kabupaten Sarolangun. Tiga pasien tersebut sebelumnya dirawat di Rumah Sakit H.M Chatib Quswain Sarolangun. Kemudian pasien 09 asal Kota Jambi sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi.

Pasien 32 dan 44 sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari Padang, Sumatera Barat. Kemudian pasien 109 riwayat pedagang pasar di Kabupaten Sarolangun. Sedangkan pasien 09 merupakan klaster Gowa.  

Keempat pasien yang semuanya perempuan tersebut dibolehkan pulang dan wajib mengisolasi diri secara mandiri di rumah selama 14 hari ke depan.

Selain penambahan pasien sembuh, di Provinsi Jambi juga ada penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga total pasien terkonfirmasi positif menjadi 120 orang.

Tiga pasien itu yakni pasien 118 seorang perempuan usia 40 tahun asal Kota Sungaipenuh yang kini dirawat di Rumah Sakit H. A.Thalib Kerinci. Pasien ini sebelumnya kontak langsung dengan pasien 111 dan 112.

Kemudian pasien 119 seorang perempuan usia 60 tahun asal Kabupaten Kerinci yang kini dirawat di Rumah Sakit H. A.Thalib Kerinci. Khusus pasien ini tim Gugus Tugas masih mendalami asal pasien tersebut terjangkit.

Selanjutnya pasien 120 juga seorang perempuan usia 24 tahun asal Kabupaten Batanghari yang kini dirawat di Rumah Sakit Hamba Muarabulian Kabupaten Batanghari. Pasien ini sebelumnya kontak langsung dengan pasien 113.

Johansyah terus mengimbau masyarakat tetap jaga kesehatan selalu cuci tangan dan wajib menggunakan masker jika harus ke luar rumah.

Sementara berdasarkan update data Gugus Tugas Provinsi Jambi, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini sebanyak sebanyak 45 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 21 orang dan pasien menunggu uji swab sebanyak 32 orang.***

Baca juga: Reagan bantuan dari Singapura mampu 10.000 kali tes PCR
Baca juga: Pemkab Batanghari izinkan pesantren awali kegiatan dengan protokol kesehatan
 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020