Acara pernikahan pada era normal baru dipastikan bakal kembali meningkat, dan edukasi kepada masyarakat perlu dilakukan.

Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berkonsultasi dengan Kementerian Agama setempat untuk menyusun protokol kesehatan yang menjadi panduan acara pesta pernikahan saat masa normal baru.

“Saat ini gugus tugas sedang berkonsultasi dengan Kemenag terkait protokol kesehatan karena sebelum acara pesta ini ada pernikahan terlebih dahulu,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal itu terkait dengan kegiatan penyusun protokol kesehatan yang menjadi panduan acara pesta pernikahan dan pertemuan yang mengundang banyak orang saat masa normal baru, guna mencegah penyebaran COVID-19 di daerah ini.

Menurutnya, pihak Kemenag setempat yang lebih mengetahui tahapan yang harus dilakukan oleh masyarakat setempat pada saat akan melangsungkan sebuah pernikahan hingga mengadakan acara pesta pernikahan.

Ia menyatakan, meskipun sampai sekarang belum ada protokol kesehatan yang menjadi panduan khusus yang mengatur pesta acara pernikahan dan pertemuan yang mengundang banyak orang, namun semua pihak bisa berpedoman dengan protokol kesehatan secara umum yakni pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan menggunakan sabun.

Gugus Tugas Penanganan COVID-19 juga menggunakan protokol kesehatan secara umum dalam menyusun protokol kesehatan untuk acara pesta pernikahan dan pertemuan yang mengundang banyak orang saat masa normal baru.

“Apapun kegiatannya tetap berpedoman dengan tiga hal dalam protokol kesehatan secara umum yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020