Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi Wahyudin menyatakan seluruh petugas Sensus Penduduk 2020 yang siap melaksanakan tugasnya dipastikan bebas dari COVID-19.

"Sensus penduduk serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia pada Selasa (1/9) dan para petugas juga sudah dilakukan rapid test sebelum mereka turun ke lapangan," katanya di Jambi, Senin.

Kickoff secara lugas adalah permulaan yang digunakan oleh BPS untuk permulaan dimulainya kegiatan SP September 2020. Pada 1 September 2020 jajaran BPS se-Indonesia akan melakukan kegiatan sensus penduduk.

Petugas akan turun ke lapangan mulai 1 September dimana sebelum melakukan sensus penduduk dengan turun ke lapangan BPS juga telah melakukan pendataan penduduk via online yang dimulai sejak 15-29 Februari 2020.

Hasilnya sudah mencapai 12,82 persen dari total penduduk Jambi sekitar 492 ribu lebih yang sudah ikut berpartisipasi pada sensus penduduk online 2020. Sensus ini akan dilanjutkan dengan kegiatan mendata penduduk bagi yang belum berpartisipasi dalam sensus penduduk online.

“Kita langsung mendata mereka dari rumah ke rumah maupun melalui penyerahan dokumen sensus penduduk yang akan langsung diisi oleh keluarga nantinya,” kata Wahyudin.

Ditambahkannya, untuk di Provinsi Jambi jumlah petugas sensus yang akan melakukan pendataan sebanyak 2.863 orang. Para petugas sensus seluruhnya juga sudah dilakukan rapid test, sebelum mereka turun ke lapangan.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020