Tiga pasangan bakal calon Bupati Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi mmenjalani uji usap (swab) COVID-19 di Rumah Sakit Umum Raden Mattaher Kota Jambi, Rabu.

Dari tanggal 1 sampai 2 September 2020, bakal calon kepala daerah yang akan mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah di wajibkan melakukan uji swab berdasarkan PKPU RI nomor 10 tahun 2020.

“Berdasarkan PKPU nomor 10 tahun 2020, bakal calon kepala daerah harus jalani uji swab,” kata Ketua KPU Kabupaten Batanghari A Kadir di Batanghari, Rabu.

Pasangan bakal calon Bupati Batanghari Yunninta Asmara-Muhammad Mahdan melakukan uji swab pada hari Selasa (1/9) pagi.

Selanjutnya pasangan bakal calon bupati M Hafiz-Camelia Puji Astuti melakukan uji swab pada hari Rabu (2/9) sekira pukul 10.30 WIB. Dan pasangan bakal calon bupati M Fadhil Arief-Bakhtiar melakukan uji swab di hari yang sama sekira pukul 12.00 WIB.

“Nanti tim kesehatan dari rumah sakit akan mengirimkan hasil uji swab ke kita, dan perlu di ketahui tidak ada aturan yang menyatakan orang positif COVID-19 dilarang mencalonkan diri sebagai kepala daerah, hanya saja harus dilakukan protokol kesehatan secara ketat,” kata A Kadir menjelaskan.

Tidak hanya melakukan uji swab, ketiga bakal calon Bupati Batanghari tersebut juga sudah melakukan konfirmasi ke KPU Kabupaten Batanghari untuk melakukan pendaftaran sebagai calon Bupati Batanghari pada pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan Desember mendatang.

“Ada tiga pasang bakal calon yang sudah konfirmasi akan melakukan pendaftaran ke KPU,” kata A Kadir.

Pasangan Yunninta Asmara-M Mahdan dan pasangan M Hafiz-Camelia Puji Astuti akan mendaftar ke KPU pada hari Jum’at (4/9). Selanjutnya pasangan M Fadhil Arief-Bakhtiar akan mendaftar pada hari Sabtu (5/9).

Proses pendaftaran bakal calon bupati tersebut akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Dan jumlah orang yang akan memasuki ruang pendaftaran di kantor KPU akan di batasi untuk menjaga jarak.

“Saat ini kita tidak dapat memastikan berapa pasangan calon bupati di Batanghari, bisa saja yang sudah konfirmasi tidak hadir saat pendaftaran,” kata A Kadir.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020