Pemerintah Kota Jambi menyerahkan bantuan dari Temasek Foundation Singapura berupa oksigen konsentrat kepada fasilitas kesehatan (faskes) rawat inap di daerah itu.

"Kami sudah menerima bantuan 20 unit oksigen konsentrat dari Temasek Foundation Singapura, bantuan itu hari ini Senin (23/11) kami serahkan ke rumah sakit dan puskesmas rawat inap di Kota Jambi," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Senin.

Rumah sakit yang menerima bantuan oksigen konsentrat tersebut yakni Rumah Sakit Abdul Manap dan Rumah Sakit Abdulrahman Sayuti Kota Jambi. Selanjutnya Puskesmas Pal X, Puskesmas Talang Bakung dan Puskesmas Putri Ayu.

Dijelaskan Fasha, bantuan tersebut akan bermanfaat bagi pasien COVID-19 karena membantu pernafasan pasien yang sulit bernafas. Bantuan tersebut tidak hanya dimanfaatkan untuk pasien COVID-19 saja, namun juga untuk pasien pengidap penyakit lainnya.

Bersamaan dengan bantuan tersebut, Pemerintah Kota Jambi juga menerima bantuan reagent atau pereaksi kimia sebagai alat dan bahan untuk tes Polymerace Chain Reaction (PCR) atau uji usap COVID-19. Bantuan reagent untuk tes PCR bantuan dari Temasek Foundation tersebut cukup untuk 5.000 kali tes PCR.

"Pemerintah Kota Jambi akan melakukan uji usap secara mandiri, bantuan reagent tersebut akan dimanfaatkan untuk uji usap tersebut," kata Syarif Fasha.

Sementara itu, selama pandemi COVID-19 berlangsung, Pemerintah Kota Jambi sudah lima kali menerima bantuan dari Temasek Foundation untuk percepatan pencegahan penularan COVID-19.

Adapun bantuan yang sudah diterima oleh Pemerintah Kota Jambi yakni pereaksi kimia untuk 10.000 kali tes PCR, konsentrat hand sanitizer 2.500 liter, 20 unit ventilator non intersip, 30 ribu masker dan yang kelima 20 unit oksigen konsentrat dan pereaksi kimia untuk 5.000 kali tes.

Jika dikonversikan menjadi uang, bantuan yang diberikan oleh Temasek Foundation Singapura kepada Pemerintah Kota Jambi berkisar Rp10 miliar.

"Berkat hubungan baik dengan Pemerintah Singapura, Pemkot Jambi merupakan salah satu prioritas penyaluran bantuan dari Temasek Foundation Singapura," kata Syarif Fasha.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020