Pemerintah daerah memerlukan bantuan pihak TNI dan Polri dalam menjaga dan mengamankan obyek vital serta mengawal kondusifitas di daerah itu.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Safrial  dalam peresmian pembangunan kantor dan rumah dinas Koramil 419-03/Tungkal Ilir di Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjabbar, Kamis (21/10).

"Selain menjaga obyek vital, kehadiran TNI-Polri dibutuhkan dalam menjaga keutuhan masyarakat di Kabupaten Tanjabbar," kata Bupati Safrial.

Hadir pada kegiatan itu Danrem 042 Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli, Wakil Bupati H Amir Sakib, Dandim 0419 Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro, Forkopimda, pimpinan Bank 9 Jambi serta tokoh masyarakat.

Bupati menyebutkan, pembangunan kantor dan rumah dinas Koramil di Desa Tungkal I tersebut merupakan bentuk perhatian dari pemerintah daerah kepada TNI yang bertugas di daerah itu.

Alasan pemilihan lokasi rumah dinas ini, berda di Desa Tungkal I yakni untuk menjaga keamanan dan konusifitas di daerah tersebut karena ke depan akan ada pembangunan akses jalan strategis provinsi menuju Pelabuhan RORO Kualatungkal.

"Semoga dengan adanya kantor dan rumah dinas koramil ini, aparat TNI dapat meningkatkan pengabdian dan pelayanan kepada negara dan masyarakat," kata bupati yang akan segera mengakhiri masa jabatan keduanya itu.

Sementara itu pembangunan kantor Koramil di Desa Tungkal I itu melalui dana APBD Kabupaten Tanjabbar senilai Rp2 miliar. Sedangkan pembangunan rumah dinas koramil melalui pendanaan CSR dari Bank 9 Jambi senilai Rp250 juta.

"Terima kasih kepada Bank 9 Jambi yang merespon cepat atas usulan pembangunan rumah dinas koramil ini," kata Safrial.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, program CSR di Kabupaten Tanjabbar sejak 2016 hingga 2020 dilaksanakan oleh 25 perusahaan dengan total keseluruhan anggaran yang terserap sebesar Rp116,3 miliar lebih. Sebagian berupa pembangunan infrastruktur fisik senilai Rp36,9 miliar lebih.

Pada kesempatan itu bupati dan Danrem 042/Gapu melakukan gunting pita dan penanaman pohon di halaman kantor koramil itu.




 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021