Terdapat 13 hotel dan 1 restoran grup di Jambi yang  sudah mengantongi  sertifikat CHSE atau  Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability.

Dikatakan oleh Ketua PHRI Provinsi Jambi, Yudi Ghani pada Kamis (25/3) di Jambi mengatakan  PHRI Provinsi Jambi sudah melakukan berbagai upaya terkait penerapan protokol kesehatan di hotel-hotel maupun restoran mulai  dari mendorong hotel untuk mendapatkan sertifikasi CHSE hingga program vaksinasi.

Dalam program vaksinasi ini, PHRI Provinsi Jambi  mengajukan sebanyak 1.747 pekerja diindustri perhotelan di Kota Jambi untuk  mengikuti vaksinasi.  Namun untuk  hasil  pengajuan vaksinasi kepada pekerja hotel ini belum  terealisasi hingga kini. Pihaknya meminta kepada Pemerintah melalui Dinas terkait juga untuk  memerikan program vaksinasi kepada mereka.

“Pertama menjadi sasaran kami bagaimana secepat mungkin bersama dengan pemerintah  untuk melaksanakan vaksinasi disektor industri hotel dan restoran. Kami meyakini, jika setelah pekerja hotel di vaksin  maka akan menciptakan trust dan demand  yang kuat bagi perhotelan dan restoran kembali seperti semula,” ujarnya kepada ANTARA.

Selain mendorong dan memfasilitasi hotel untuk mendapatkan sertifikat CHSE ini,  PHRI juga sudah mempersiapkan diri menjadi auditor  CHSE di Jambi. Terdapat 5 anggota PHRI Provinsi Jambi yang sudah  melakuka pelatihan CHSE di Bali melalui salah satu lembaga sertifikasi usaha  (LSU) pariwisata di Bali.

Nantinya, jika Pemerintah pusat sudah memberikan wewenang kepada daerah untuk  memberikan sertifikasi CHSE secara mandiri PHRI Jambi yakin siap menjadi auditor yang berkompeten. Saat ini Kementrian memberikan dana untuk sertifikasi CHSE. Kuota tersebut dibagi se-nasional  ke daerah yang menjadi  tujuan wisatawan. Untuk itu, Ia meminta  kepada Pemerintah provinsi Jambi  untuk  meyakinkan pusat bahwa Jambi juga menjadi daerah kunjungan wisata.

“ Jambi  harus efford bersama-sama. Kalau saat ini masih di pusat, kalau kedepan bisa dilakukan sertifikasi didaerah insyallah Jambi siap,” tuturnya.

Sementara itu untuk sertifikasi CHSE restoran di Jambi, PHRI masih mendorong restoran-restoran yang ada  untuk mengajukan diri mendapatkan sertifikasi CHSE. Dirinya menambahkan, sertifikasi CHSE ini  sebagai jaminana kepada wisatawan yang datang bawha hotel dan restoran yang mereka datangi sudah menjalani proses protokol kesehatan yang ketat.

Salah satu hotel di Jambi yang sudah mengantongi sertifikasi CHSE adalah Swiss-Belhotel Jambi . Dikatakan oleh Marketing dan Communication Manager Swiss-Belhotel Jambi, Silvi Wong bahwa Swiss-Belhotel Jambi menjadi hotel pertama yang mendapatkan sertifikasi CHSE di Jambi.

“Jadi penerapan protokol kesehatan di hotel kami sangat ketat baik kepada tamu maupun  pihak hotel,” sebutnya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021