Pantauan tim falakiyah atau Badan Hisab Rukyatul Provinsi Jambi di Hotel Odua Weston Jambi tak bisa menembus awan tebal.

"Akibat faktor cuaca hilal di Provinsi Jambi memang tidak terlihat," kata Tim Falakiyah Provinsi Jambi H Rahmadi di Jambi, Senin. 

Meski demikian jika melihat data sebelum dilakukan rukyatulhilal dua persyaratan utama telah terpenuhi. Salah satunya posisi hilal di atas ufuk, yang artinya 1 Ramadhan jatuh pada hari Selasa (13/4). 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi Muhamad mengatakan waktu untuk pemantauan hilal di Provinsi Jambi termasuk cukup panjang, yakni selama 11 menit. Serta sarana yang digunakan cukup memadai. 

"Cuaca saat ini sangat tidak menentu, sehingga hilal di Jambi tertutup awan," kata Muhamad. 

Dijelaskan Muhamad, Pemerintah Provinsi Jambi mengikuti hasil sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama. Dimana Kementerian Agama telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriah bertepatan dengan 13 April 2021. 

Sementara itu Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Jambi H Suhaimi Chan mengatakan 1 Ramadhan bertepatan dengan hari Selasa 13 April 2021 dan 1 Syawal bertepatan dengan hari Kamis 13 Mei 2021.

Penetapan tersebut merujuk pada Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/1.0/E/2021 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1442 Hijriyah.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021