Pemerintah Provinsi Jambi mengimplementasikan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) , salah satunya  dengan mendorong BUMDES jadi mitra  Pertshop.

Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni menjelaskan bahwa program Pertashop merupakan kerjasama antara Kemendagri dengan PT Pertamina (Persero) yang tertuang dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri dan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero).

Nota kesepahaman tersebut nomor 193/1536A/SJ dan Nomor SD-06C00000/2020-SO tentang Dukungan Pemerintah dan Masyarakat Desa Dalam Peningkatan dan Pengembangan Program Pertashop di Desa tanggal 18 Februari 2020.

“Dalam rangka mendekatkan pemenuhan kebutuhan BBM masyarakat perdesaan di daerah yang tidak tersedia penyalur sekaligus memberikan dampak ekonomi dan nilai tambah aset desa,” kata Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni di Jambi, Minggu.

Berdasarkan data dari Area Sales Retail Jambi PT. Pertamina (Persero), di Provinsi Jambi terdapat 31 kecamatan dan 1381 desa yang belum ada penyalur. Hal ini merupakan peluang besar bagi pemerintah desa melalui BUMDES-nya untuk menjadi mitra Pertashop.

Hari Nur Cahya Murni mengarahkan agar Pemerintah Daerah memberikan rekomendasi mitra Pertashop. Kemudian optimalisasi PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) untuk memanfaatkan peluang sebagai mitra Pertashop melalui kolaborasi dengan BUMDES atau koperasi.

Selanjutnya PT. Pertamina (Persero) menjamin kelancaran distribusi untuk menghindari terganggunya cashflow mitra Pertashop. Dan komitmen PT. Pertamina untuk memprioritaskan BUMDES sebagai mitra Pertshop sesuai tujuan utama nota kesepahaman dan petunjuk teknis pertashop.

Selain itu, Penjabat Gubernur Jambi turut menjelaskan bahwa adanya surat Nomor S-100/873/DP3AP2-5/IV/2021 Tanggal 14 April 2021 Hal Permohonan Penambahan Lokus Program Pertashop di Provinsi yang ditujukan kepada Area Sales Retail Jambi PT. Pertamina (Persero). Surat tersebut dilayangkan untuk mengakomodir usulan dari kabupaten dan kota sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat di desa terhadap BBM dan menggerakkan ekonomi serta meningkatkan kemandirian desa.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021