Pemerintah Kabupaten Bungo Provinsi Jambi siap memfasilitasi tanah dan gedung untuk pembangunan Kantor Imigrasi (Kanim) di daerah itu untuk memudahkan pengurusan dokumen keimigrasian masyarakat di daerah itu.

"Kabupaten Bungo siap memfasilitasi tanah dan gedung untuk sebuah Kantor Imigrasi atau Kanim di Muarabungo ini. Kehadirannya memang dibutuhkan untuk pelayanan keimigrasian yang lebih luas lagi," kata Bupati Bungo H Mashuri di usai penandatanganan perpanjangan kerja sama Unit Kerja Keimigrasian Kabupaten Bungo di Kantor Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi di Kota Jambi, Rabu.

Pada kesempatan itu, penandatanganan kerja sama UKK Kabupaten Bungo dilakukan oleh Bupati H Mashuri disaksikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Jambi Mhd Jahari Sitepu.

Bupati Mashuri menyebutkan, Unit Kerja Keimigrasian Kabupaten Bungo di Muarabungo telah hadir sejak 2018, yang saat itu pendiriannya dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoli.

Ia berharap ke depan, bisa lebih dari Unit Kerja Keimigrasian, namun naik kelas menjadi Kantor Imigrasi sehingga bisa melakukan pelayanan lebih lengkap dan lebih luas lagi.

"Saat ini dengan UKK sudah sangat membantu masyarakat Bungo, khususnya pembuatan paspor. Namun diharapkan dengan adanya Kantor Imigrasi nantinya, pelayanan lebih luas lagi selain pembuatan paspor juga pengurusan dokumen lainnya, termasuk penanganan dokumen dan orang asing," kata Mashuri.

Kehadiran UKK Kabupaten Bungo di Muarabungo dalam tiga tahun terakhir ini sangat membantu masyarakat dalam pembuatan paspor. Tak hanya warga Kabupaten Bungo, namun juga dimanfaatkan oleh warga di sekitarnya termasuk dari Padang dan Kerinci.

"Untuk lahan dan gedung, kami tidak ada masalah dan siap. Kami berharap ke depan ada Kantor Imigrasi di Muarabungo," kata bupati lagi.

Sementara itu Kepala Kantor wilayah Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jambi Mhd Jahari Sitepu mengapresiasi dukungan Pemkab Bungo yang mendukung kehadiran Unit  Layanan Keimigrasian serta dukungan untuk berdirinya Kantor Imigrasi,

"Kami sangat apresiasi pemerintah daerah seperti Pemkab Bungo yang memberikan dukungan untuk Kantor Imigrasi. Saat ini ada dua kabupaten yang menghibahkan ke Kantor Imigrasi yakni Muarojambi dan Bungo," kata Jahari Sitepu.

Harapan dari Pemkab Bungo untuk hadirnya Kantor Imigrasi itu menjadi spirit untuk merealisasikannya sehingga layanan keimigrasian di Muararungo lebih lengkap lagi.

"Tadi Bupati menyebutkan, banyak warga luar Bungo yang mengurus pembuatan paspor di UKK Bungo, ini yang kami harapkan dan jelas menjadi pertimbangan untuk hadirnya kantor keimigrasian," kata Kakanwilkumham Provinsi Jambi  itu menambahkan.

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021