Otoritas Jasa Keuangan  (OJK)  Provinsi Jambi mengungkapkan tersedianya teknologi digital  perbankan akan memperkuat jaringan perbankan hingga ke wilayah terpencil. 

Kasubag Pengawasan Bank 2 Kantor OJK Provinsi Jambi,  Novian di Jambi mengatakan,  dengan adanya digital teknologi  perbankan dapat menambah jaringan kantor tanpa harus berfikir membangun kantor cabang atau pembantu secara fisik. 

"Kalau teknologi semakin canggih,  kantor jaringan semakin bertambah.  Di Jambi seperti itu gambarannya.  Lihat sudah ada banyak laku pandai," kata Novian. 

Lanjutnya,  digital perbankan tidak akan mengurangi orang-orang industri perbankan melainkan akan menambah orang-orang yang terlibat dalam aktivitas keuangan perbankan itu sendiri.  Dirinya mencontohkan,  kehadiran teknologi kini membuat setiap bank hadir dengan jaringan laku pandai hingga ke pelosok.  Itu menunjukkan bahwa semakin luas personil yang dibutuhkan untuk  keberlangsungan bisnis perbankan. 

Kehadiran teknologi digital  pada industri keuangan juga membawa pengaruh positif dengan terbukanya lapangan usaha bagi masyarakat. Masyarakat kini diberi kesempatan untuk ikut andil dalam bisnis industri perbankan. 

"Sekarang malah jadi lapangan usaha bagi masyarakat  adanya jaringan bank di desa-desa.  Jadi kita lihat satu sisi bisa menambah peluang bisnis bagi masyarakat. 
Tinggal tergantung  bagaimana lagi kita melihatnya, "ujarnya. 

Novian berharap penggunaan layanan digital  perbankan di Jambi tidak akan mematikan lapangan pekerjaan justru menumbuhkan pendapatan baru bagi masyarakat. 

"Yang di  daerah-daerah lihat sudah pakai layanan teknologi digital jadi agen-agen bank jadi ada pendapatan baru,"tutupnya. 

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021