Sebanyak tiga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Muarojambi  Provinsi Jambi mendapat peluang untuk menembus pasar ekspor setelah potensinya  tertangkap "radar" Kementerian Perdagangan RI

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada Dinas Koperindag  Kabupaten Muaro Jambi, Sudirman di Jambi, Senin (24/5). 

Saat ini pihaknya tengah menunggu informasi lebih lanjut hasil penjajakan yang sudah dilakukan oleh  Kementerian perdagangan pada beberapa waktu lalu.

“Ada tiga UMKM yang  sedang dijajaki, kemarin Direktur  Kerjasama Ekspor dari Kementerian Perdagangan sudah melakukan survei ke galeri masing-masing UMKM. Kita menunggu hasilnya dan kami optimistis, mudah-mudahan tidak ada kendala, “ kata Sudirman..

Ketiga UMKM yang  tengah dijajaki  oleh Kementerian Perdagangan itu yakni, produk rotan  dan lidi sawit Agus Arum Art asal Kecamatan Mestong,  Batik Duo Serangkai dan  produk  kriya resam milik Abdi Nur di Kecamatan Mestong. Penjajakan ini dilakukan untuk mengetahui lebih lengkap  sehingga pelaku UMKM mengetahui kekurangan produk.

Sehingga ke depan dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan sehingga memenuhi standar dan mampu memasuki pasar ekspor . pada gilirannya UMKM memiliki peluang untuk 'naik kelas' menjadi pelaku usaha menengah bahkan besar dengan jaringan yang lebih luas.

“Bisa dikatakan dari kementerian ini survei dahulu , mengkaji dan mempelajari keunggulan produknya, memungkinkan atau tidak untuk dibawa ke pasar ekspor,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya yang  mengajukan tiga UMKM ini untuk dapat dijajaki agar dapat masuk pasar luar negeri. Pemilihan produk UMKM ini melihat berbagai indikator salah satunya kebutuhan dan permintaan pasar.

“Tentu kita juga butuh pengarahan dari Kementerian terkait kebutuhan pasar luar negeri seperti apa,” terangnya.

Ke depan, pihaknya berharap agar produk UMKM Muaro Jambi dapat lebih luas masuk ke pasar luar negeri. Namun , untuk  mencapai hal tersebut dirinya menekankan kepada  UMKM untuk benar-benar memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan baik untuk sektor kuliner maupun kriya.   Pihaknya berharap agar proses ekspor ini dapat dilakukan secepat mungkin.


 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021