Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi tidak saja menghadirkan galeri UMKM Muarojambi sebagai tempat mempromosikan  hasil produksi pelaku UMKM di Muarojambi namun juga menghadirkan marketplace  khusus yang diperuntukkan buat mempromosikan produk UMKM di daerah itu.

 Terletak di KM 11 Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi, Galeri UMKM Muarojambi hadir dengan 100 lebih produk UMKM di dalamnya baik  produk makanan, kriya dan fashion.

Kabid Koperasi dan UMKM Diskoperindag Kabupaten Muarojambi, Sudirman di Jambi pada  Senin (24/5) mengatakan,  untuk membantu memasarkan produk UMKM yang ada di Muarojambi kini Pemkab Muaro Jambi sudah  menghadirkan marketplace “market.sayasiap.com”. Kehadiran marketplace ini dikatakannya sebagai wadah agar UMKM Muarojambi mampu memasuki ekosistem digital.

“Kita ada marketplace yang  disiapkan khusus untuk memasarkan produk UMKM Muarojambi,”katanya.

Dikatakannya, kehadiran marketplace yang diciptakan khusus untuk memasarkan produk UMKM Muarojambi ini sebagai bentuk dukungan dan dorongan Pemerintah agar pelaku usaha dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital.  Dengan kehadiran Marketplace ini mampu berkontribusi pada pemasaran produk yang diharapkan tidak saja bergantung pada penjualan konvensional namun digital agar pangsa pasar jadi lebih luas lagi.

Meski begitu, dirinya mengakui bahwa kini penjualan melalui  marketplace belum  memuaskan. Pasalnya, penjualan memang  masih didominasi oleh pembeli yang datang ke galeri atau melalui via telpon.

“Kemungkinan karena masih baru. Kami terus promosi agar semakin banyak konsumen yang mau berbelanja lewat marketplace,” katanya.

Agar dapat  menambah jaringan pasar yang lebih luas, bukan saja layanan pemasaran digital. Sudirman menyebutkan, untuk menjangkau  konsumen yang lebih luas lagi produk UMKM harus ditingkatkan agar emnarik bagi konsumen.

“Biar yang dari luar kota  menarik memang harus  menarik juga produk yang kita tawarkan, packagingnya kita rapikan, rasa makanan kita kuatkan, desain produk kita rapikan itu yang penting,”jelasnya.

Selain marketplace  UMKM Muaro Jambi, produk UMKM Muarojambi kini sudah dipasarkan melalui marketplace popular Indonesia lainnya, seperti shopee, grabfood.

“Kami dorong UMKM ini untuk memasarkan online, dengan media sosial, marketplace dan lainnya,”ujarnya.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021