Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi terus mendorong dan memfasilitasi pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD)  kabupaten dan kota di daerah itu.

"TPAKD saat ini semakin diperlukan,  untuk itu ditargetkan  penambahan TPAKD  di kabupaten dan kota di Provinsi Jambi ini,: kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Provinsi Jambi,  Endang Nuryadin di Jambi, Minggu.

Ia mengatakan, baru-baru ini di Provinsi Jambi bertambah dua TPAKD yakni di Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).  Sebelumnya sudah  ada TPKAD Provinsi  Jambi dan  Kabupaten Kerinci. 

" Saat ini sudah ada surat keputusan pembentukan  TPAKD Bungo dan Tanjab Timur," katanya.. 

Selanjutnya,  dalam waktu dekat juga PKAD Kabupaten Sarolangun juga akan terbentuk.  Endang menargetkan minimal  lima TPKAD ada di Provinsi Jambi pada tahun 2021 ini

"Kalau untuk pembentukan TPAKD Kabupaten Sarolangun draftnya sudah ada,  tinggal nunggu surat keputusannya saja," ujarnya.

Menurut Endang Nurydin, OJK Jambi mendorong untuk pembentukan TPAKD kabupaten dan kota. Kehadiran TPAKD ini  menunjang pemberdayaan UMKM melalui capacity building,  akselerasi pembukaan rekening tabungan simpanan pelajar atau simpel serta pelaksanaan business matching.

Selain itu melalui TPAKD juga untuk mendorong ketersediaan akses keuangan seluas-luasnya kepada masyarakat di Provinsi Jambi.

Untuk mendorong perekonomian daerah, mencari terobosan dalam membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di daerah, serta meningkatkan peran serta jasa keuangan mengembangkan ekonomi daerah.

Solusi yang ditawarkan bagi masyarakat adalah dengan bantuan lembaga keuangan, baik pemerintah maupun swasta.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021