Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Jambi (PMW-Unja) mendorong pengembangan bakat mahasiswa dalam berwirausaha serta membuka lapangan pekerjaan.

“Tujuan Program Mahasiswa Wirausaha tidak hanya agar mahasiswa dapat menjadi pencari kerja, tetapi juga diharapkan agar mereka dapat menjadi pencipta lapangan pekerjaan, oleh karena itu program ini hadir agar dapat memberikan bantuan stimulus kepada para peserta dan juga sebagai sarana untuk membentuk mental mereka sebagai wirausahawan, “ kata Penanggung Jawab Program Mahasiswa Wirausaha Unja Nofrans Eka Saputra di Jambi, Selasa.

Banyak mahasiswa berkeinginan untuk memiliki usaha dan dapat mengembangkan usahanya. Tak jarang mereka yang berani untuk memulai bisnis saat masih berkuliah bisnisnya pun berkembang setelah mereka lulus dari perguruan tinggi.

Program PMW sudah berjalan sejak tahun 2009 hingga sekarang. Hadirnya program ini dilatar belakangi dari tuntutan bagaimana mahasiswa dapat mengembangkan bakat mereka dalam pengetahuan akademis, keahlian dalam berkomunikasi, kemampuan dalam berpikir dan keahlian dalam manajemen.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi Dr Teja Kaswari  mengatakan program tahun ini sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2021 ada program magang yang wajib diikuti oleh seluruh peserta PMW dan dimasukkan ke dalam nilai kuliah peserta magang.

Hal ini juga sejalan dengan program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, yaitu kebijakan yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan mahasiswi mengasah bakat dan minatnya sebagai persiapan karier di masa depan.

“ PMW tahun ini yang juga terdapat program magangnya merupakan langkah yang baik bagi para peserta PMW, dengan adanya magang maka kita dapat melihat keseriusan para peserta dalam berwirausaha,” kata Teja Kaswari.

Para peserta tidak hanya diberikan modal, tetapi mendapatkan ilmu dari bagaimana mem-branding produknya, lalu dapat mengevaluasi keseriusan mereka dari magang yang mereka ikuti.


 

Pewarta: Defri Wim Khameswara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021