Pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan beragam  aplikasi  seberti WA group, Clasroom, Zoom, dan google meet, tetaplah harus ada penilaian kepada siswa.

Namun penilaian dalam pembelajaran jarak jauh yang tetap harus dilakukan bukan untuk  menentukan standar pencapaian  atau kepentingan nilai. Pada prinsipnya penilaian belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh mestinya bertujuan untuk membantu siswa agar dapat menemukan  cara belajar yang lebih baik bagi dirinya pada semua subyek yang mereka pelajari.

Sebagaimana menurut Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur  pencapaian  hasil belajar peserta didik. Kegiatan penilaian memerlukan instrumen penilaian dan teknik penilaian. Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil belajar  tetapi juga proses bekajar. Penilaian ini bisa dilakukan melalui penilaian proyek, penilaian portofolio, essay dan bentuk penilaian lainnya.

Hadirnya teknologi digital dan internet memungkinkan penilaian dapat dilakukan secara virtual sehingga lebih mudah, lebih cepat dibaca hasilnya dan lebih efektif. Menjawab tantangan peserta didik yang termasuk generasi milenial, maka kahoot merupakan aplikasi yang tepat untuk mendesain penilaian yang interaktif dan menantang dalam pembelajaran IPS kelas VII di  SMPN 1 Kabupaten Tebo selama masa  pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah.

Kahoot adalah platform gratis yang dikenal karena kemampuan untuk meningkatkan interaktivitas di kelas melalui pembuatan kuis atau survei yang dibuat oleh guru untuk ujian atau tujuan penilaian formatif dan akhir.

Kahoot juga dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi kelas dan meningkatkan tingkat kognitif peserta didik dalam bentuk permainan (Tsihouridis 2018:604).

Langkah-langkah

Siswa kelas VII merasa bosan dengan penilaian yang dikirim melalui WhatsApp oleh guru. Kebosanan mereka terlihat dari persentasenya yang  semakin lama semakin sedikit dalam mengikuti kegiatan pembalajaran jarak jauh. Ternyata kahoot bisa didesain untuk menghilangkan kebosanan siswa dalam melakukan proses penilaian selama masa pembelajaran jarak jauh. Bagaimana caranya?

Pada pelajaran IPS kelas VII saya melakukan penilaian harian yang kedua. Setelah mendapatkan pelatihan dari Program PINTAR Tanoto Foundation saya menggunakan aplikasi Kahoot untuk penilaian.

Aplikasi Kahoot adalah platform yang akan digunakan untuk mendesaian ulangan harian IPS kelas VII. Kompetensi dasar penilaian ulangan harian adalah Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antar ruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan,  dengan rancangan soal sebanyak 25 soal.

Karena ini  baru pertama kali maka jenis soal yang dipilih adalah soal pilihan ganda.

Beberapa tahapan dalam membuat kuis dalam Kahoot yaitu, login terlebih dahulu ke https://create.kahoot.it/ jika belum memiliki akun, regestrasi dahulu, tampil kotak dialog long in maka diklik sign up, pilih teacher dan pilih sekolah, login bisa dilakukan melalui e-mail atau langsung memakai akun google dan setelah login  kita bisa mulai membuat kuis dengan mengklik creater.

Dalam proses pembuatan kuis kita dapat menambahkan soal, alternatif jawaban, menentukan jawaban yang benar, mengadakan pengaturan durasi waktu untuk tiap soal, memberi musik yang cukup menantang agar imajinasi anak terpacu dalam mengerjakannya.

Setiap soal yang didesain di dalam platform kahoot secara otomatis tersimpan pada akun kahoot. Dalam pembuatan kuis, platform kahoot sebagai aplikasi penilaian interaktif juga dilengkapi oleh menu-menu yang cukup bervariasi, misalnya soal kuis bisa dilengkapi dengan gambar, musik dan video.

Tipe jawaban yang kita inginkan bisa juga kita desain bisa collend opinions, poll, open ended dan word could. Begitu juga dengan soal, kita memiliki pilihan alternatif soal yang menantang untuk siswa mulai dari type answer, punzzel, quis dan true etalse.

Setelah proses pengetikan semua soal kuis selesai maka akan muncul kotak dialog copy URL dan PIN kahoot. Baik link maupun PIN kahoot dikirim lewat Grup WA atau classroom. Peserta didik bisa memulai mengerjakan ujian dengan dua langkah yaitu pertama mengklik link kahoot  yang sudah dikirim di classroom dan kedua memasukan kode PIN dengan terlebih dahulu berselancar dan mengetik Kahoot it.

Komentar Siswa

Setelah penilaian harian ke-2 mata pelajaran IPS diaksanakan, beberapa peserta didik merasa puas dengan nilai dan skor yang mereka dapat seperti yang diungkapkan Rayhan. Perasaancemas, deg-degan dan ragu. Ia terganggu oleh sinyal yang hilang timbul seakan-akan  dikejar waktu, akan tetapi ia sangat puas karena  berada diperingkat dua.

Berbeda dengan Tasya ketika ditanya bagimana perasaannya ketika ulangan harian dilakukan dengan aplikasi kahoot, menurut Tasya ulangan kali ini benar-benar melatih kosentrasi kita, memacu kecepatan otak kita untuk memilih jawaban yang benar dan yang lebih bagus lagi musiknya seru sekali, sehingga penilaian  harian ke dua ini sangat berbeda dengan yang sebelumnya.

Sementara Anira mengemukakan perasaannya awalnya dia sangat takut untuk memulai karena belum mengerti akan tetapi karena dibimbing ibu guru akhirnya bisa menyelesaikan penilaian walaupun skornya berada ditengah tengah.

Masih banyak pendapat peserta didik yang lain, tapi pada prinsipnya mereka merasa tertantang dan bisa bermain dalam penilaian harian melalui aplikasi kahoot ini.

Tidak mudah memang untuk memulai penilaian harian dengan aplikasi kahoot ini, terutama dalam membuat soal,  tantangan yang saya rasakan adalah ketika ingin mendesain soal kuis dengan tipe soal tingkat tinggi  (Hots) ternyata untuk tempat pengetikan soal dibatasi beberapa karakter, dalam artian dalam mendesain soal kita mempunyai keterbatasan gerak dibandingkan dengan aplikasi Quizizz dan google form.


Penulis: Murni, S.Pd
(Fasilitator Program Pintar Tanoto Foundation /Guru SMPN 1 Kab Tebo)


 

Pewarta: Murni S.Pd

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021