Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin  Jambi mulai melaksanakan perkuliahan tatap muka terhitung sejak  20 September 2021 ini sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, No. B-2721.1/DJ.I/PP.00.9/08/2021 tentang penyelenggaraan perkuliahan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam tahun akademik 2021/2022 selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat pada masa pandemi.

 Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr Rofiqoh Ferawati, Kamis (23/9) mengatakan dimana di dalam SE tersebut wilayah dengan PKPM level 4 dan level 3 melaksanakan perkuliahan tatap muka diikuti paling banyak 25 persen dari kapasitas ruang kelas dan perkuliahan dengan PPKM level 2 dan level 1 dapat melaksanakan perkuliahan tatap muka diikuti oleh paling banyak 50 persen  dari kapasitas ruang kelas. Untuk saat ini, UIN STS Jambi hanya menyelenggarakan kegiatan perkuliahan yang diikuti 25 persen dari kapasitas ruang kelas karena saat awal pembelajaran, kampus ini sedang berada di level 3.

“Pastinya kita mempersiapkan semuanya sesuai dengan peraturan Protokol Kesehatan yang ada, bahkan kita sudah melaksanakan vaksin masal untuk mahasiswa semester 1 dan 3 beberapa waktu lalu,” jelas Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr.Rofiqoh Ferawati.

Dirinya menjelaskan, setiap Fakultas sudah di bentuk gugus tugas, yang bertugas mengawasi protokol kesehatan yang ada. Bahkan UIN STS Jambi juga sudah menyiapkan segala sesuatunya bila  terjadi kemungkinan penyebaran COVID-19 di area kampus.  Selain itu setiap ruang kelas disediakan fasilitas cuci tangan atau handsanitizer dan pastinya setiap mahasiswa sudah di vaksin.
Perkuliahan Tatap Muka Prioritas Mahasiswa Semester 1 dan 3

Pelaksanaan perkuliahan tatap muka di diprioritaskan bagi mahasiswa semester 1, semester 3 dan mahasiswa yang sedang praktikum. Sedangkan semester 5, semester 7, mahasiswa internasional dan Pascasarjana tetap dilaksanakan secara daring .

“Untuk prosedur pembagian kelas, kita serahkan ke Fakultas masing masing karena sebaran mahasiswa di setiap Fakultas berbeda. Pastinya mereka akan diisi 25 persen untuk setiap kelasnya dalam satu kali perkuliahan,”jelas WR 1.

Sebelum melaksanakan perkuliahan tatap muka ini, UIN Jambi sudah menyelenggarakan rapat yang dipimpin langsung rektor UIN STS Jambi. Dihadiri semua unsur terkait  guna mempersiapkan dan menjalankan sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI tanggal 30 Agustus 2021.

“Untuk PTM pertama ini, kita juga sudah melaksanakan sidak yang dipimpin langsung wakil rektor dua. Dan akan memenuhi apa saja yang masih dianggap kurang guna mensukseskan PTM. Sehingga perkuliahan dapat berjalan dengan baik,” tutupnya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021