PT Brahma Binabakti (BBB) bersama mitra binaannya Koperasi Unit Desa (KUD) Akso Dano telah melakukan panen perdana kelapa sawit hasil program replanting yang dilaksanakan di kebun plasma Suko Maju, Desa Suko Awin Jaya, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi.

"Ini merupakan salah satu komitmen BBB kepada masyarakat sekitar kebun inti yang merupakan mitra binaannya agar dapat meningkatkan penghasilan melalui replanting dan budidaya kelapa sawit," kata Direktur Utama BBB, George Oetomo, melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu.

Kegiatan panen perdana buah sawit hasil replanting itu dihadiri oleh perwakilan Bupati Muaro Jambi oleh Staf Ahli Indra Gunawan maupun Kapolsek Sekernan Iptu Wiji Nur Eko Wahyu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muarojambi, Nur Subianto, Perwira Penghubung Dandim 0415/Jambi Letkol Inf Syafendi, Camat Sekernan Kemas Ismail Azim dan Wakil Ketua Cabang BNI Jambi Muhammad Amien.

"Kami dari PT BBB ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Muarojambi, BNI dan semua pihak terkait yang telah mendukung penuh program replanting kebun kelapa sawit mitra binaan kami," kata George Oetomo.

Sementara itu, Bupati Muaro Jambi Masnah Busro yang diwakili oleh Staf Ahli Indra Gunawan mengatakan dalam sambutannya bahwa pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan penuh kepada investor yang memiliki komitmen untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pemerintah daerah akan mendukung dan memberikan bantuan baik moril maupun materiil kepada para petani kelapa sawit, hal ini diwujudkan dengan mendorong mereka melalui program replanting dengan bantuan modal yang dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan maupun pihak perbankan.

Selain itu, BBB juga telah menunjukkan konsistensinya dalam membantu para petani mitra binaannya dengan pemberian bibit unggul bersertifikat dan juga mengelola kebun kelapa sawit berdasarkan Best Management Practices, jadi mari bersama-sama kita sejahterakan masyarakat dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki, kata Indra Gunawan.

Sementara itu Ketua KUD Akso Dano, Amrullah mengucapkan terima kasih atas bantuan program dari pemerintah dan juga kepada perusahaan sehingga Program Replanting dapat berjalan dengan baik.

"Kelapa sawit saat ini menjadi primadona masyarakat dengan potensi besar dan harga yang cukup menjanjikan, sehingga membuat ekonomi masyarakat semakin membaik. Sejak awal penanaman hingga saat ini, ekonomi masyarakat yang tergabung dalam KUD Akso Dano menanjak signifikan dan selain itu, kami juga bersyukur atas dukungan dan komitmen BBB untuk membantu kami semua," katanya.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021